CONNECT WITH US
  • 99 Ketua KPPS se-Kecamatan Kembayan Dilantik

    Bagikan:
    Pelantikan, sumpah dan janji anggota KPPS se-Kecamatan Kembayan. (Foto: Nikodemus Niko)

    Kembayan (Suara Sanggau) - Menjelang pesta demokrasi Pemilu 2019, 99 orang Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Kecamatan Kembayan dilantik oleh perwakilan KPU Sanggau, Senin (8/4/2019).

    Pelantikan sekaligus penandatanganan dan pengambilan sumpah janji Ketua KPPS se-Kecamatan Kembayan oleh Ketua PPK Kecamatan Kembayan sebagai perwakilan KPU Sanggau ini berlangsung di GPU Benua Sompe Kantor Camat Kembayan dihadiri oleh Forkompimcam Kembayan, PPK dan PPS.

    Tono, Ketua PPK Kembayan (depan), memimpin acara pelantikan KPPS se-Kecamatan Kembayan

    Tono Ketua PPK Kembayan mengatakan, dengan dilantiknya Ketua KPPS, hari ini sudah menjadi bagian dari penyelenggara pemilu.

    "Sebagai penyelenggara pemilu, perlu netralitas yang tinggi, jujur, adil dan transparan. Kita diawasi oleh banyak pihak, yakni Panwas, TNI, Polri, serta LSM, sehingga diharapkan kita berhati-hati dalam bekerja sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku," pesannya.

    Disampaikannya juga, C6 akan segera didistribusikan dan kita akan kirimkan H-1 semua logistik yang harus dijaga sebaik-baiknya. Sebagai bekal bagi KPPS, kita akan mengadakan Bimtek untuk mempersiapkan KPPS agar siap saat melaksanakan pemungutan dan perhitungan suara saat hari H yakni 17 April 2019. Dalam Bimtek sebagai Ketua KPPS harus hadir serta tidak boleh diwakilkan," terangnya.

    "Mari kita kerja bersama-sama, jika ada hal yang belum dimengerti silakan tanya kepada PPS masing-masing, jangan tanya kepada pihak lain yang bukan bagian dari PPS atau PPK Kembayan," katanya mengingatkan.

    Dalam kesempatan tersebut juga Camat Kembayan, Drs. Inosensius Nono menyampaikan, pelantikan, sumpah dan janji KPPS dalam rangka legalitas Kelompok Penyelenggara Pemilu di tingkat TPS sudah dilakukan. Yang pertama adalah kita harus  memahami tugas dan fungsi KPPS di TPS-TPS. PPS bertanggungjawab penuh terhadap KPPS.


    "Kita harus indevenden dulu. Jangan ada yang menjadi pengurus partai atau tim sukses, sehingga pemilu yang baik, aman tertib dan lancar bisa kita laksanakan. Pastikan di TPS pelaksanaannya nanti sesuai dengan jadwal dan peraturan serta kerentuan yang sudah ditetapkan, dan jangan sampai dilanggar," pesannya.

    Penulis : Nikodemus Niko
    KOMENTAR