CONNECT WITH US
  • Capai Kualitas Hidup Optimal, Puskesmas Kembayan Sajikan Program Prolanis

    Bagikan:
    Kegiatan Tim Prolanis Kembayan

    Kembayan (Suara Sanggau) -  Sejak Launching Perdana Klub Prolanis di Puskemas Kembayan oleh Pj Promkes (Promosi Kesehatan) Puskesmas Kembayan dan Tim Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) dengan menggelar kegiatan pembukaan Klub Prolanis Angas  DM (diabetes mellitus) dan Klub Prolanis Ulih HT (hipertensi/darah tinggi) pada tanggal 12 April 2019 lalu, kini Tim Prolanis mengelar berbagai kegiatan yang sudah diprogramkan.

    "Program kegiatan Prolanis yang kita lakukan berupa senam, edukasi tentang ilmu penyakit, ilmu gizi dan outbond," kata Kepala Puskesmas (Kapus) Kembayan Kosdami, SKM., kepada suarasanggau.co.id, Minggu (21/4/2019) via Group WhatApp Prolanis Puskesmas Kby.

    Menjelaskan hal tersebut, Pj Promkes Nurul Huda, SKM memaparkan, program kegiatan prolanis ini berbentuk kegiatan promotif dan preventif dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

    Baca Juga: Promkes Kembayan Launching Perdana Klub Prolanis

    "Grup WA yang kami buat adalah salah satu media bagi kami sebagai tim prolanis untuk bisa menghimpun peserta, info jadwal kegiatan atau menyampai info tentang program dari prolanis ini dan kami juga bekerjasama dengan lintas sektoral di dalam kegiatan dan di dalam grup wa ini sebagai medianya," paparnya.

    Disampaikannya, dalam Group WA tersebut yakni ada Bapak Camat Kembayan Drs. Inosensius Nono, Bapak Danramil Kapten INF Warsidi, Bapak Polsek Kembayan AKP Pahlawan, Ibu Camat sekaligus Ketua PKK Kembayan Wenefrida Suselan, Ibu Waka Polsek Yuliarti sumarda'i, Ketua SKB Sanggau-Kembayan Ibu Amin Yuniati, Kapus Kembayan Kosdami, SKM., dokter-dokter puskesmas, tim prolanis, para kades dan perangkat desa 11 desa se-Kecamatan Kembayan, bidan desa se-Kecamatan Kembayan, para PNS (guru-guru, kepala sekolah), kader-kader posyandu, ormas, para tokoh masyarakat, pimpinan dan karyawan perusahaan, serta seluruh masyarakat yang berminat untuk meningkatkan kualitas kesehatan untuk mencapai hidup yang optimal.

    "Jadi dengan ini kami tim prolanis mohon kerjasama semua pihak untuk menyampaikan program ini ke seluruh masyarakat di Kecamatan Kembayan, bekerjasama mengajak atau menginfokan kepada masyarakat untuk mengikuti kegiatan rutin prolanis ini," ajaknya.

    Untuk meningkatkan derajat kesehatan di Kecamatan Kembayan dan mendorong peserta klub mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar di FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) di Puskesmas Kembayan.

    Penulis : Nikodemus Niko
    KOMENTAR