CONNECT WITH US
  • Gelar Bimtek, PPK Kembayan Ingatkan Netralitas KPPS

    Bagikan:
    Tono (baju putih - depan) Ketua PPK Kembayan, saat memberikan materi pada Bimtek KPPS di GPU Benua Sompe Kembayan. (Foto: Nikodemus Niko)

    KEMBAYAN (Suara Sanggau) - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kembayan, Kabupaten Sanggau menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sejak Selasa (9/4) hingga Kamis (11/4) di GPU Benua Sompe Kantor Camat Kembayan.

    Bimbimbingan Teknis yang diselengarakan oleh tim PPK Kembayan ini dihadiri oleh anggota KPPS dari 99 KPPS dari 11 desa yang ada di Kecamatan Kembayan.

    "Sesuai jadwal kegiatan Bimtek ini diikuti oleh 99 Ketua KPPS dan 297 anggota, artinya satu KPPS diikuti oleh satu orang ketua dan tiga orang anggotanya," terang Tono Ketua PPK Kembayan, Rabu (10/4/2019) sore.

    Lebih lanjut Tono mengatakan, bimtek ini merupakan bimbimbangan untuk memperkuat pemahaman anggota KPPS terkait hal teknis yang akan dikerjakan dalam proses pemungutan suara pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

    Peserta Bimtek KPPS saat simulasi pengisian BA Penghitungan suara.

    Kepada peserta Bimtek Tono mengajak agar KPPS bekerja dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga kita terhindar dari pelanggaran dalam proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

    Dalam materi logistik dijelaskannya, Pendistribusian perlengkapan Penyelenggara Pemilu dilaksanakan dengan mempertimbangkan, nilai Efisien, Efektif dan Akuntabel.

    "Dalam pendistribusian logistik kita memperhatikan skala prioritas daerah tujuan, harus mempertimbangkan tingkat kesulitan dan hambatan, yang meliputi kondisi berupa waktu tempuh, jarak lokasi, geografis, kondisi iklim, sarana transfortasi serta tingkat keamanan," paparnya.

    Disampaikannya, PPK/PPS melaksanakan pendistribusian dan pengembalian perlengkapan penyelenggara pemilu dengan ketentuan, mendahului dearah yang jauh. Menyertakan petugas PPK dan petugas pengamanan,  menggunakan alat transfortasi yang tepat dan aman.

    Diakhir sesi ia kembali mengingatkan agar selalu ada koordinasi antara KPPS, PPS dan PPK.

    "Jika ada hal yang belum dipahami ataupun mendapat kendala selalu kita koordinasi dan kita diminta melaksanakan tugas dengan baik, sehingga tidak berurusan dengan kasus hukum. Intinya kita bekerja secara profesional, jangan sampai membuat kesalahan dan melanggar aturan yang berlaku serta menjaga Netralitas dan penuh taggungjawab," himbaunya.

    Dalam kesempatan yang sama Abang Yamin, anggota PPK Kembayan juga menjelaskan berkenaan dengan materi Proses Pemungutan dan Perhitungan Suara.

    "Yang perlu kami sampaikan pada proses pemungutan dan perhitungan suara, apabila ada anggota KPPS yang berhalangan hadir, tidak boleh diganti, serta saksi juga tidak boleh membawa atribut yang mencitrakan Partai. Apabila hal itu terjadi, diminta agar mereka berkenan untuk menggantikan kostum atau pakaiannya," pesannya.

    Penulis : Nikodemus Niko
    KOMENTAR