CONNECT WITH US
  • Kelas Edukasi ASI eksklusif sebagai rangkaian program Inovasi Puskesmas Sanggau

    Bagikan:
    Kelas edukasi ASI eksklusif
    Sanggau (Suara Sanggau) - Puskemas Sanggau menggelar kegiatan kelas edukasi ASI eksklusif sebagai rangkaian program inovasi, Kamis (25/4/2019).

    Kegiatan dibuka Kabid Kesmas  Najori, S.Sos. MPH dan dihadiri oleh 53 Nakes dari Pustu dan Poskesdes dari seluruh desa di wilayah kerja Puskesmas Sanggau serta nakes yang bertugas di Puskesmas induk.

    Dalam rilis yang diterima media ini, Kamis, Yayu Sri Indra A, A.Md.Keb dari Promkes Puskemas Sanggau mengungkapkan, data Riskesdas thn 2018 menyatakan bahwa cakupan ASI eksklusif 6 bulan hanya sekitar 39,53% di wilayah Kalbar.

    Hal ini masih jauh dibawah target nasional yaitu 80%. Di wilayah kerja Puskesmas Sanggau sendiri, angka cakupan ASI eksklusif hanya sebesar 21,30% masih dibawah angka cakupan provinsi dan target nasional.

    "Hal ini menjadi perhatian serius dari Puskesmas Sanggau, karena dari hasil penelitian mengatakan bahwa bayi yang tidak diberikan ASI eksklusif akan memiliki resiko yg lebih besar untuk terkena diare dan Pneumonia serta menjadi faktor pencetus stunting,"ungkap Yayu.

    Mengingat hal tersebut Puskesmas Sanggau membuat sebuah kegiatan inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan pemberian ASI eksklusif di Sanggau khususnya di wilayah kerja Puskesmas Sanggau.

    "Kegiatan inovasi ini terdiri dari serangkaian kegiatan yang melibatkan lintas program dan lintas sektor. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah membuka kelas edukasi ASI eksklusif untuk para tenaga kesehatan di Puskesmas Sanggau,"jelas Yayu.

    Sementara itu, Ana Mariana A.Md. Keb dari Sanggau Peduli ASI mengatakan,
    peran dari para petugas Poskesdes dan petugas Pustu sangatlah besar karena mereka merupakan ujung tombak,yang terjun langsung ke tempat yang paling jauh sekalipun.

    "Jadi,mulai dari proses hingga tercapainya keberhasilan program ASI Eksklusif tersebut tidak terlepas dari peran serta rekan-rekan yang ada di Poskesdes dan Pustu,"katanya.

    Diharapkan dengan adanya kelas edukasi ini dapat menyegarkan kembali dan meningkatkan pengetahuan nakes mengenai ASI eksklusif dan keterampilan konseling mereka kepada ibu-ibu menyusui sehingga cakupan pemberian ASI eksklusif dapat meningkat.

    "Adapun narasumber yg memberikan materi adalah Konselor ASI dan fasilitator dari AIMI Kalbar yaitu  Aditya Galih Mastika,SE (Ketua AIMI Kalbar) dan  Dian Rakhmawati, SS (Ketua Divisi Edukasi AIMI Kalbar),"jelasnya.

    Untuk semua lapisan masyarakat yang ingin bergabung di komunitas "SANGGAU PEDULI ASI" bisa hubungi contak person 08521 - 014 - 2421 (Wa only).

    Penulis: Rilis
    Editor: Admin
    KOMENTAR