CONNECT WITH US
  • Pemilu 2019, KPPS Bekerja Hingga Larut Malam

    Bagikan:
    Pemilu 2019, KPPS bekerja hingga larut malam. Foto: Nikodemus Niko

    KEMBAYAN (Suara Sanggau) - Tugas KPPS pada pesta demokrasi yang dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 ini sangat berat dibandingkan Pemilu lima tahun lalu. Sebab, ada lima lembar surat suara yang harus dikerjakan oleh petugas. Hal ini menjadi salah satu penyebab bagi KPPS bekerja hingga dini hari bahkan sampai subuh.

    "Belum lagi nama-nama caleg peserta Pemilu yang lebih banyak, sehingga pemilih memerlukan waktu yang cukup lama saat pencoblosan," ujar Niko seorang Ketua KPPS di salah satu TPS yang ada di Desa Tanap, Kembayan, Kamis (18/4/2019) pagi.

    Lebih lanjut disampaikannya, sebagai pembanding, pada Pemilu 2014 lalu pesertanya lebih sedikit, pemungutan hingga penghitungan surat suara saja ada yang baru bisa selesai sekitar pukul 23.00 WIB. Untuk itu tahun ini wajar saja bisa selesai sampai dini hari hingga subuh, mengingat surat suara dan peserta caleg yang banyak, ungkapnya.

    Hal senada juga disampaikan oleh Frans Ludo salah seorang petugas KPPS di Desa Tanap, Kembayan, dikatakannya, Pemilu 2019 ini ada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Untuk kami wilayah Sanggau 4, DPRD Kabupaten ada 16 partai dengan jumlah caleg 130 orang, ditambah lagi DPRD Provinsi ada 16 Partai dengan jumlah caleg 98 orang, DPD 20 orang serta DPR RI ada 16 partai dengan caleg 54 orang. Tentu inilah salah satu penyebabnya KPPS bekerja hingga larut malam bahkan ada yang subuh.

    Hal tersebut juga dibenarkan oleh Yosep Dugek anggota PPS Desa Tanap. Tahun ini memang rata-rata tiap KPPS bekerja hingga larut malam, bahkan sampai dini hari.

    "Pemilih pemula saja bingung saat pencoblosan apa lagi lansia, sehingga saat pencoblosan di bilik suara, karena Pemilu tahun ini banyak partai dan calegnya, proses pemungutan dan penghitungan suara menjadi lebih lama," terang Yosep Dugek.

    Tono Ketua PPK Kembayan, saat ditanya berkenaan dengan proses pemungutan dan penghitungan suara, rata-rata di 99 TPS wilayah se-Kembayan, KPPS nya bekerja hingga larut malam bahkan ada yang hingga pagi baru selesai menyerahkan hasil penghitungan suaranya, tuturnya.

    Penulis : Nikodemus Niko
    KOMENTAR