CONNECT WITH US
  • Promkes Kembayan Launching Perdana Klub Prolanis

    Bagikan:
    dr. Franky Kurniawan selaku Narasumber saat menyampaikan materi tentang hipertensi kepada peserta Program Prolanis

    KEMBAYAN (Suara Sanggau) - Pj Promkes (Promosi Kesehatan) Puskesmas Kembayan dan Tim Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) menggelar kegiatan Launching Perdana Klub Prolanis di Puskemas Kembayan. Pembukaan Klub Prolanis Angas  DM (diabetes mellitus) dan Klub Prolanis Ulih HT (hipertensi/darah tinggi) ini menghadirkan dr. Franky Kurniawan selaku Narasumber untuk materi tentang hipertensi, Jumat (12/4/2019).

    Peserta yang mengikuti kegiatan ini ada 35 orang, terlebih dahulu melalui serangkaian acara yakni, registrasi, mengisi formulir bersedia menjadi anggota klub, Skrining (screening) atau deteksi dini suatu penyakit untuk anggota klub, periksaan tekanan darah dan penimbangan/pengukuran oleh Team Prolanis, Saida Rodiarni, A.Md.kg dan Maya Asmirandah, A.Md.kep.

    Peserta Program Prolanis

    Pj Promkes Nurul Huda, SKM, pada acara pembukaan menyampaikan terimakasih kepada peserta yang telah hadir memenuhi undangan serta berharap kerjasama dan kekompakan dari semua anggota Team Klub Prolanis Angas dan Klub Prolanis Ulih.

    "Kegiatan prolanis ini akan diadakan terjadwal dan secara berkesinambungan. Prolanis ini sangat penting. Ayolah kita jaga kesehatan, bapak ibu bisa sebagai contoh untuk menjaga kesehatan. Dengan kegiatan prolanis ini bapak ibu bisa lebih rajin konsultasi dengan dokter," harapnya.

    Selain itu ia juga berharap, setelah ikut kegiatan ini peserta dapat merasakan manfaat Prolanis.

    "Tolong ajak keluarga, tetangga, teman-teman untuk bergabung di klup ini agar bisa bertanya langsung dengan dokter terkait kesehatannya," himbaunya.

    Kapus Kembayan Kosdami, SKM menyampaikan tentang pentingnya prolanis kepada peserta

    Dalam kata sambutannya, Kepala Puskesmas (Kapus) Kembayan Kosdami, SKM menyampaikan tentang pentingnya prolanis. Prolanis adalah program pengelolaan penyakit kronis. Prolanis ini baru terbentuk perdana tahun 2019 oleh Pj Promkes bersama team Prolanis.

    "Klub Prolanis ini dibagi klub yaitu ANGAS dan ULIH. Kegiatan klub ini bermacam-macam, bisa seperti senam, materi kesehatan oleh dokter, pola makan DM dan HT," paparnya.

    Lebih lanjut dijelaskannya, penetapan nama klub dan ketua Klub DM Bu Susi Yuniarsih dan ketua klub HT Bu Masitha. Dibentuknya Klub Prolanis ini bertujuan untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien bagi pasien penderita kronis. Prolanis merupakan sistem pelayanan kesehatan dengan pendekatan promotif dan prefentif yang dikembangkan BPJS kesehatan bekerjasama dengan fasilitas kesehatan tingkat pertama.

    Di akhir acara Pj Promkes Nurul Huda, SKM menyampaikan bahwa, Tim Prolanis merasa puas karena sudah selesai serangkaian kegiatan Launching Perdana Klub Prolanis di Puskemas Kembayan. Dengan ini tim berharap para peserta bisa menginfokan dan mengajak peserta lain untuk mengikuti kegiatan ini sesuai jadwal yang ditentukan bersama-sama dengan peserta klub. kegiatan ini akan diadakan setiap hari Jumat pagi.

    "Peserta klub Prolanis ini tidak dibatasi usia dan jenis kelaminnya. Syaratnya hanya memiliki kartu BPJS. Yang ingin bergabung di Klub Prolanis Angas dan Prolanis Ulih bisa menghubungi team admin prolanis yaitu dr.Franky Kurniawan, Nurul Huda, SKM, Maya Asmarwati A.Md.Kep, dan Saida Rodiarni, A.Md.kg," katanya menginformasikan.

    Penulis : Nikodemus Niko
    KOMENTAR