CONNECT WITH US
  • Razia Pekat di Sekayam, 18 Orang Diamankan BNNK

    Bagikan:
    Razia Pekat di wikayah Sekayam, BNNK Amankan 18 Orang, 2 Positif menggunakan Narkotika

    SEKAYAM (Suara Sanggau) - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sanggau bersama Satpol PP, Polsek Sekayam dan Pamtas TNI Sekayam menggelar razia penyakit masyarakat (pekat) gabungan disejumlah cafe, hotel, kost, penginapan dan losmen yang ada di Kecamatan Sekayam, Kamis (4/4/2019) pagi hingga siang hari.

    Dari hasil razia tersebut, 18 orang diamankan. Dari jumlah tersebut, dua positif menggunakan narkotika.

    "Setelah kita melakukan tes urin kepada 18 orang yang kita amankan, dua orang positif," kata Heri Ariandy, SKM Kasi rehabilitasi dan pasca rehabilitasi BNNK Sanggau kepada wartawan, Kamis (4/4/2019).

    Selain dua orang yang positif berdasarkan tes urin, dua orang lainnya mengaku kepada petugas pernah menjadi pemakai sekitar dua bulan lalu.

    "Yang mengaku sebagai pemakai itu dua orang, tapi hasil tes urin terbaca negatif. Keduanya ini mengakui terakhir makai sabu sekitar dua bulan yang lalu," ujar Hery.

    Untuk tindak lanjut dari razia pekat ini, lanjut Hery, BNNK Sanggau menunggu limpahan resmi dari Satpol PP untuk kemudian dilakukan assesment medis terhadap para penyalahguna narkoba untuk menentukan layanan rehabilitasi yang cocok untuk para penyalahguna narkoba tersebut.

    "Berarti yang akan dilakukan layanan rehabilitasi berdasarkan razia pekat hari ini ada 4 orang. Data residen sampai tangga 1 April 23 orang, ditambah hari ini menjadi 27 orang," terangnya.

    Terpisah, Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kabupaten Sanggau, Wendi Very Nanda mengatakan bahwa razia yang digelar ini dimaksudkan untuk menciptakan kondisi aman terlebih menjelang pemilu 2019, juga dimaksudkan untuk meminimalisir penggunaan dan peredaran narkotika di Kabupaten Sanggau. Oleh karenanya, lanjut Wendy, pihak kepolisian, TNI dan BNNK Sanggau dilibatkan dalam hal ini.

    "Ini razia rutin yang akan terus kita lakukan, karena ini juga intruksi pak Bupati untuk menciptakan kondisi aman dan tertib serta mewujudkan Sanggau yang tertib, berbudaya dan beriman yang jauh dari ancaman narkotika," terangnya.

    Penulis : Hermansyah
    Editor   : Nikodemus Niko
    KOMENTAR