CONNECT WITH US
  • Imigrasi beri edukasi masyarakat perbatasan

    Bagikan:
    Suasana sosialisasi Imigrasi
    Entikong (Suara Sanggau)- Pentingnya dokumen perlintasan terutama pasport dan pas lintas batas (PLB) bagi warga perbatasan, kantor Imigrasi kelas II Entikong berikan edukasi kepada masyarakat desa Lubuk Sabuk, kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau, Senin (24/6/2019).

    “Maraknya permasalah perlintasan terutama yang illegal tentu menjadi perhatian serius dari Imigrasi di Kalbar khususnya untuk meningkatkan pengawasan. Untuk di Kabupaten Sanggau ada dua kecamatan yang berbatasan langsung dengan Sarawak (malaysia) yakni kecamatan Entikong dan Sekayam,” kata Husni Thamrin, Kepala Divisi Ke Imigrasian Kanwil Kalbar.

    Menurut dia, perlintasan itu ada yang illegal dan legal karena itu penting diberikan edukasi kepada masyarakat yang ada diperbatasan untuk memahami pentingnya dokumen perjalanan yang disebut Paspor.
    Persyaratan orang dari dan keluar negeri jelas harus ada paspor sebagai dokumen perlintasan, jika melintas tanpa  paspor disebut illegal dan bakal berurusan dengan petugas ke Imigrasian.

    Untuk memperoleh dokumen pasport masyarakat sudah banyak yang mengetahui, namun dalam pembuatan paspor ada persyaratan umur dan sebagainya, data itu yang kerap dipalsukan terutama umur dan asal daerah terutama yang berniat bekerja ke luar negeri dan akhirnya menjadi korban penjualan orang (trafiking) itu yang menjadi perhatian serius dari pihak Imigrasi.

    “PLBN Entikong merupakan perlintasan yang cukup tinggi di Indonesia, masyarakat disekitar juga harus mendukung agar tidak terjadi perlintasan yang illegal,” tegas Husni.

    Sementara itu, Kades Lubuk Sabuk Jamin mengatakan masyarakat diperbatasan sudah sepenuhnya menggunkan dokumen pasport dan PLB untuk melintas ke Malaysia, jarang ditemukan warga yang ke negeri jiran tanpa menggunakan dokumen.

    “Warga di Desa Lubuk Sabuk sebagian besar telah memiliki dokumen terutama PLB karena di Dusun Segumun ada jalur perlintasan tradisional dan ada pos Imigrasi,Bea cukai tentunya warga harus menggunakan dokumen selain itu pengurusan dokumen juga mudah,” tutupnya.

    Sumber: Suara Kalbar

    KOMENTAR