CONNECT WITH US
  • Pamtas Yonmek 643/Wbs amankan sabu di jalur tikus sektor kiri PLBN Entikong

    Bagikan:
    Barang bukti sabu saat diamankan petugas
    Entikong (Suara Sanggau) -Satgas Pamtas Yonif Mekanis (Yonmek) 643/Wns mengamankan delapan gram sabu yang diselipkan di bungkusan rokok dan makanan ringan asal Malaysia. Sabu tersebut dibawa oleh HD alias Acong, warga Entikong melalui jalur tikus di sebelah kiri Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau.

    "Tadi pagi kami melaksanakan patroli rutin jalur tikus di sekitar PLBN Entikong, pada waktu patroli anggota melihat yang bersangkutan memikul karung. Kemudian diperiksa isi karungnya, ada senjata tajam, rokok, makanan ringan dan susu. Sedangkan sabu ini dikemas plastik dan diselipkan di bungkusan rokok dan makanan," kata Komandan Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Mayor Inf. Dwi Agung Prihanto, Senin (24/6/2019).

    Dari pemeriksaan awal terhadap Acong, buruh pikul di PLBN Entikong ini menyangkal sabu tersebut miliknya. Acong berdalih, dia hanya diminta membawa karung tersebut dari pangkalan mobil di Tebedu, Malaysia ke pasar baru Entikong oleh seseorang yang dikenalnya berinisial A.

    Di pasar itu, karung berisi sabu tersebut rencananya akan dijemput oleh seseorang yang diutus A. Namun, sebelum sampai ke pasar baru Acong sudah lebih dulu dicokok oleh Satgas Yonmek 643/Wns saat memikul karung berisi sabu di hutan sebelah kiri PLBN Entikong.

    "Untuk jasanya membawa satu karung tersebut yang bersangkutan dijanjikan upah Rp100 ribu. Yang bersangkutan masih kami periksa sekarang, kami dalami dulu keterangannya untuk mengetahui siapa pemilik sabu ini," ujarnya.

    Sementara itu, HD alias Acong mengaku tidak tahu didalam karung yang dipikulnya terdapat delapan gram sabu. Ia mengatakan, pagi tadi bertemu A di zona netral antara PLBN Entikong dengan Tebedu, Malaysia. A meminta Acong mengambil barang di pangkalan mobil di Tebedu.

    "Dia (A) bilang tadi ada satu pikulan, isinya parang sama rokok, ya sudah saya bawa barangnya. Saya tidak tahu isinya barang itu (sabu)," tutur Acong.

    Atas temuan sabu tersebut, Satgas Yonmek 643/Wns mengintensifkan pemeriksaan di jalur tikus sebelah kiri dan kanan PLBN Entikong. Sedangkan Acong dan barang bukti delapan gram sabu saat ini masih diperiksa intensif di Pos Kotis Entikong.

    Penulis: Agus Alfian
    Editor: Rie
    KOMENTAR