CONNECT WITH US
  • Malaysia Gencar Pulangkan Pekerja Migran Indonesia

    Bagikan:
    Entikong (Suara Sanggau)- Pemerintah Malaysia  kembali memulangkan sebanyak 80 orang pekerja migran Indonesia (PMI) bermasalah melalui PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau.

    "80 PMI bermasalah ini sebagian besar bekerja tanpa dokumen resmi, mereka bekerja di berbagai sektor mulai dari perkebunan,pabrik hingga pembantu rumah tangga,"kata Agud Gudiyahman,Fungsional Pengantar kerja di Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Entikong ,Rabu (10/7/2019).

    Menurutnya, pemerintah Malaysia gencar melakukan penertiban terhadap pendatang asing tanpa izin (Pati) dinegaranya.tidak hanyan WNI semata yang terjaring penertiban itu,banyak juga dari negara lain seperti Vietnam, Bangladesh, Thailand dan Filipina.
    WNI yang terjaring razia oleh pemerintah Malaysia sebelum dipulangkan ke tanah air,terlebih dahulu menjalani tahanan selama 5 hingga 8 bulan.

    "Untuk 2019 pemulangan PMI bermasalah meningkat dibandingkan dengan tahun lalu,hal itu disebabkan pemerintah Malaysia memperketat pengawasan orang asing hingga ke perkebunan," ungkap Agud.

    Disampaikan Agud, berdasarkan data dari Januari hingga Juli ini tercatat 1.521 orang yang telah dipulangkan dari Malaysia melalui PLBN Entikong.

    Sebagian besar dari luar Kalbar, terutama daerah yang merupakan kantong penyuplai PMI seperti Makasar, Jabar,Jateng dan Kalbar dari Singkawang dan Sambas.

    Pengawasan tetap dilakukan dengan instansi terkait di PLBN Entikong, khususnya dipintu keberangkatan untuk mencegah pengiriman PMI non prosedural.

    Penulis: Agus
    Editor: Rie
    KOMENTAR