CONNECT WITH US
  • Buat Akta Kelahiran di Sanggau Gratis

    Bagikan:
    Sosialisasi Akta Kelahiran di Desa Sebuduh
    Sanggau (SuaraSanggau) -Sosialisasi Program Desa Fokus di Desa Sebuduh Kecamatan Kembayan dilaksanakan Dinas Dukcapil Kabupaten Sanggau bertempat di Balai desa Sebuduh, Selasa (17/9/2019).

    Kegiatan itu, dihadiri Anggota ForkopimKecamatan Kembayan, OPD Terkait, Tokoh adat, tokoh masyarakat, Ketua RT serta masyarakat desa sebuduh.

    Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Sanggau
    Eduardus Evald,selaku koordinator pelaksanaan,mengharapkan kepada OPD yang hadir hendaknya dapat menyampaikan program kerja di desa fokus  ini,terutama yang berkaitan dengan tugas dan tanggungjawab.

    Dikatakan Evald,dalam kegiatan di desa fokus ini, Dukcapil menyediakan pelayanan perekaman dokumen kependudukan terdiri dari Akte Kelahiran, Akte Kematian, Akte Perkawinan, Kartu Keluarga dan KTP Elektronik.

    Dengan kegiatan desa diharapkan masyarakat mendapatkan kontribusi dari setiap OPD  yang menyampaikan program-programnya.

    Selain memberikan pelayanan perekaman yang berhubungan tugas Dukcapil,pihaknya juga  membagikan Kartu KIA yaitu Kartu Identitas Anak.

    Kegunaan kartu ini,sangat dibutuhkan nanti,salah satunya untuk mendaftar anak sekolah, membuka rekening tabungan, klaim BPJS, bikin Pasport, dan banyak lagi kegunaan Kartu KIA ini ujar Mantan Camat Jangkang,ditambahkannya Kartu KIA
     terdiri dari dua macam, yang pertama untuk anak usia 0-5 tahun tidak ada fotonya, dan untuk anak usia 5-17 ada fotonya,nanti Kami bagikan kartunya ujajrnya.

    Ditambahkannya untuk pembuatan Akte kelahiran,tidak dipungut biaya yang ada hanya denda jika pembuatan akte Kelahiran itu lebih dari 60 hari sejak kelahirannya.

    "Agar tidak kena denda secepatnya bapa bapak membuatkan akte kelahiran anaknya jangan sampai lebih dari 60 hari atau 2 bulan,"kata Evald.

    Pada kesempatan itu,pihaknya memberiksn bantuan kepada 2 orang penyandang disabilitas berupa sembako dari Dinas Sosial Kabupaten Sanggau,dan penyerahan bantuan 35 bungkus sembako yang diberikan kepada warga miskin dari Kesra Setda Sanggau.(Hermansyah)
    KOMENTAR