CONNECT WITH US
  • Ketua DAD Kecamatan Tayan Hilir Dikukuhkan

    Bagikan:
    Pengukuhan Pengurus DAD Tayan Hilir
    Sanggau (Suara Sanggau) - Dengan ditandai ritual adat yang sakral, pembacaan sumpah dan janji serta penandatanganan berita acara, Wakil Bupati Sanggau sekaligus Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si mengkukuhkan Ketua DAD Kecamatan Tayan Hilir, Victorianus Yanto Laung di Aula Paroki Tayan Hilir, Jumat (15/11/2019) Sore tepatnya Pukul 15.00 Wib.

    Melalui Musyawarah Adat (Musdat) selama dua hari yakni dari tanggal (14/11) hingga (15/11) akhirnya terpilih Victorianus Yanto Laung sebagai Ketua DAD masa Bakti 2019-2024.

    Dalam Sambutannya, Ketua DAD  Tayan Hilir, Victorianus Yanto Laung menyampaikan, Sebagai Ketua terpilih dirinya ingin mengembangkan dan memperkuat DAD Tayan Hilir baik secara internal maupun eksternal. Kemudian dengan kehadiran DAD diharapkan dapat dirasakan masyarakat adat dan seluruh masyarakat serta bisa berkerjasama dengan semua pihak di kecamatan tayan hilir.

    Ia menambahkan bahwa DAD tak bisa berkerja sendiri, melainkan perlu dukungan semua pihak, baik itu dari pemerintah maupun masyarakat adat. "Karena itu dengan rendah hati saya memohon bantuan dan kerjasama kita semua,"tuturnya.

    Wakil Ketua DPRD Sanggau, Acam,SE yang merupakan mantan Ketua DAD sebelumnya dalam sambutannya, menitipkan pesan kepada Ketua DAD yang baru beserta jajarannya, jadilah agen sosial untuk keamanan dan ketertiban masyarakat, kemudian mampu menjalin kerjasama (kemitraan) yang baik dengan pemerintah serta masyarakat lainnya, karena kuncinya adalah silahturahmi.

    Berikut DAD adalah sebuah lembaga sosial kemasyarakatan, diharapkan agar mampu memposisikan diri sebagaimana layaknya sebuah lembaga sosial. Untuk itu, ikuti aturan yang ada dan pedomani ketentuan yang berlaku dalam menjalankan roda organisasi, kemudian lakukan rapat perdana dan silakan bahas Program-program prioritas untuk penyusunan program baik jangka pendek maupun jangka panjang.

    "Selamat bertugas kepada penggurus yang baru. Jabatan yang dipercayakan adalah jabatan sosial, sebagai sebuah jabatan sosial saudara juga harus memahami, menyadari dan mengerti hal itu. teruslah kembangkan adat dan budaya yang kita miliki serta jalankan tugas dengan baik dan dengan penuh cinta, "ujarnya.

    Sementara itu, Wakil Bupati Sanggau (Ketua DAD) Drs. Yohanes Ontot, M.Si dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat kepada Ketua DAD Tayan Hilir yang baru dikukuhkan dan terima kasih kepada penggurus DAD sebelumnya.

    Estapet kepemimpinan ketua DAD yang baru harus bisa berjalan dengan baik dan apa yang sudah dibuat oleh pengurus yang lama, yang baik dilanjutkan, ditingkatkan serta dipertahankan sehingga organisasi ini bisa berjalan seimbang antara yang lama dengan yang baru. Untuk itulah dirinya berharap agar organisasi ini dapat hidup dan berkembang tengah-tengah keberagaman.

    Jauhi paham Radikal, masyarakat adat dayak tetap harus berada didalam lingkaran Negara Kesatuan Republik Indonesia, hidup damai dalam keberagaman, saling berdampingan karena ditengah-tengah masyarakat adat dayak ada masyarakat melayu, jawa, tionghoa, madura dan sebagainya.

    "Masyarakat yang besar mengayomi yang kecil, yang kecil juga begitu dan juga saling menghormati satu sama lain. Kemudian tugas sebagai penggurus DAD kita harus memberikan pemahaman positif kepada masyarakat dan dapat merangkul masyarakat adat lainnya sehingga riak-riak kecil (konflik sosial) dapat kita hindari bersama", jelasnya.

    Berikut dengan ditandai pemukulan gong sebanyak 7 kali oleh Wabup Sanggau Kegiatan Musdat III DAD Tayan Hilir resmi ditutup.

    Hadir juga Wakil Ketua II DAD Kab. Sanggau Siron,S.Sos,M.Si, Sekjen DAD Kab. Sanggau Urbanus,S.Sos, Forkopincam Tayan Hiliir, Penggurus DAD, Temenggung Adat, PDKS Tayan Hilir, para Kades dan undangan lainya. (Kominfo) 
    KOMENTAR