CONNECT WITH US
  • Meningkatkan Gizi, Masyarakat Sanggau Bangun Keramba Ikan

    Bagikan:
    Lepas ikan di keramba
    Sanggau (Suara Sanggau) Bupati Sanggau Paolus Hadi, Jumat (29/11) meresmikan keramba Ikan Lake di  Desa Senyabang, Kecamatan Balai.
    Batang Tarang sebanyak 20.000 bibit ikan lele, dilepaskan kedalam 10 keramba yang telah disiapkan.

    Kedatangan orang nomer satu dan rombongan ke desa senyabang memang sudah didambakan warga  setempat.

    Masyarakat menyambut kedatangan bupati dan rombongan begitu antusias, pasalnya ini merupakan kunjungan pertama kalinya Beliau hadir di Desa mereka.

    Bupati Sanggau Paolus Hadi,dalam sambutannya disaat pelepasan bibit ikan,menghaturkan terima kasih kepada Bank Indonesia yang sudah membatu membangun Danau ini.

    "Karena lokasi danau ini sudah mendapatkan bantuan yang ke tiga kalinya, yang pertama dan kedua itu gagal,semoga kegagalan itu tidak akan terulang kembali untuk yang ketiga kalinya," harap bupati

    Penyebab kegagalan itu dari informasi yang saya dapat kata bupati,salah satunya adalah  masih ada yang mau mencuri.

    "Sifat yang kurang baik itu,mari kita tinggalkan jangan diulang kembali,bupati berharap masyarakat dan kelompok tani (Poktan)yang ada disini bisa kompak, kita sama-sama membantu lah usaha teman-teman , sehingga tempat ini bisa semakin berkembang sesuai dengan harapan BI tadi,"katanya.

    Dikatakannya,masalah gizi Kabupaten Sanggau memiliki peringkat gizi terendah di Kalimantan Barat. Orang Sanggau hanya memakan ikan 25 Kg per tahun, sehingga potensi stanting atau anak yang pendek, lahir kurang gizi, di Sanggau cukup tinggi.

    "Maka dari itu harapan saya, disini kita sudah membuat keramba, kita sudah memproduksi ikan, jangan sampai harga ikan itu tidak terjangkau oleh saudara kita .Jangan sampai desa kita produksi ikan,sementara hasil panennye dijual keluar,harapan saya bagaimana caranya, khususnya untuk Desa Senyabang dulu lah pemasarannya,sehingga  gizinya bisa tercukupi, jangan kalian disini memproduksi ikan tetapi masyarakat disini tidak bisa menikmatinya,” tegas Paolus Hadi.

    Kepada kelompok tani desa senyabang yaitu Poktan Tunas Harapan, saya berharap semoga saja bantuan ini bisa terus berkembang karena bagaimanapun juga kelompok ini akan di monitor dan tolong tempat ini dijaga supaya bisa terus berkembang,harapan bupati

    Hadir pada kegiatan tersebut Pimpinan Bank Indonesia Perwakilan Kalbar Joko Juniwarto, Ketua PKK  Sanggau Ny. Arita Apolina, Kadis Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kalimantan Barat dalam hal ini diwakili oleh Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Kadis Porapar Kalbar, Camat Balai,Lovianus Anus, beserta Forkopimcam Balai, dan Kades se Kecamatan Balai serta undangan lain (Herman)
    KOMENTAR