-->

Mengurus Surat Pindah Cukup Bawa KK dan KTP Asli ke Disdukcapil

Editor: Editor : Redaksi author photo
Eduardus Evald
Sanggau (Suara Sanggau) -Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) tugasnya sangat komplek,tak hanya mengurus pembuatan KTP saja,bahkan sejak kelahiran hingga kematian Disdukcapil masih berperan.

Ketika bayi lahir,orang tuanya wajib membuatkan Akte kelahiran,sebagai jati diri yang bersangkutan,dan ini sangat penting sekali.

Untuk Pembuatan akte kelahiran persyaratan yang harus dilengkapi menurut Kadis Dukcapil Kabupaten Sanggau Eduardus Evald,surat keterangan kelahiran dimana bayi itu lahir baik di RS Puskesmas ataupun dukukun beranak,surat keterangan dari d3sa atau kelurahan (Model F201) Foto copy Keluarga,foto coppy orang tua bayi ( suami istri,)foto copy buku nikah,atau akta Perkawinan yang sudah dilegalisir,foto kopy saksi 2 orang,dan mengisi Formulir yang sudah disediakan.

Dijelaskan Mantan Camat Balai Sebut  pembuatan Akta kelahiran ini,jangan sampai diatas 60 hari kalahiran bayi tersebut.

Apa bila pembutannya diatas 60 hari maka harus mendapat persetujuan instansi pelaksana dan dikenakan biaya.

Sementara untuk mengurus surat pindah/datang ,cukup nembawa KK asli dan KTP- EL k Disdukcapil Daerah Asal.  dan Disdujcapil Daerah Asal menerbitkan surat ketetanfan pindah Warga  RI (SKPWNI) berdasarkan permohonan pindah datang. Ini sesuai surat kementrian dalam Negeri  RI.

Dirjen Kependudukan dan pencatatan Sipil nomor 471.12/18.749/Dukcapil perihal Pindah Datang. Dan mengacu pada perpres RI nomor 96 Tahun 2018 tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran Penduduk dan pencatatan Sipil.ujar Evald (Hermansyah)
Share:
Komentar

Berita Terkini