CONNECT WITH US
  • Pemkab Sanggau Rakor Ketahanan Pangan

    Bagikan:
    Rakor Ketahanan Pangan
    Sanggau (Suara Sanggau)- Kabupaten Sanggau melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan yang di buka secara resmi oleh Bupati Sanggau dalam hal ini yang diwakili oleh Pj. Sekda Sanggau Kukuh Triyatmaka, Selasa (3/12) Pukul 10.00 Pagi.

    Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Pertanian Kab. Sanggau selaku Sekretaris Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Sanggau John Hendri, Kepala OPD terkait, Asisten 2 Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau H. Roni, Kasat Intel Polres Sanggau Ibnu Suprapto, Pasiter Kodim 1204 Sanggau Kapten Eko.

    Ketahanan pangan merupakan kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik dari segi jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi merata dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat untuk dapat hidup sehat aktif dan produktif serta berkelanjutan.

    Untuk skor PPH Kab. Sanggau mengalami kenaikan jika dilahat dari tahun 2017. Hal tersebut disampaikan oleh Kukuh dalam sambutannya.

    “Skor Pola Pangan Harapan (PPH) untuk Kabupaten Sanggau mengalami kenaikan Jika dilihat dari tahun 2017 yaitu 72,94 mengalami kenaikan menjadi 78,38 untuk tahun 2018. hal ini menunjukkan keragaman dan keseimbangan dari segi konsumsi pangan pada tingkat keluarga yang menentukan kualitas konsumsi pada tingkat Kabupaten,” ujarnya.

    Namun demikian, masih ada desa masuk perioritas 1 dan 2 yaitu desa yang sangat rentan rawan pangan berdasarkan aspek ketersediaan.

    “Disisi lain sesuai dengan peta ketahanan dan kerentanan pangan komposit masih ada Desa masuk perioritas 1 dan 2 yaitu desa yang sangat rentan rawan pangan dan rentan rawan pangan berdasar indikator aspek ketersediaan, akses dan pemanfaatan. Untuk itu Melalui rapat koordinasi dewan ketahanan pangan ini bersama-sama kita tingkatkan desa perioritas 1 dan 2 menjadi aman,” tegasnya (Izar/Kominfo)
    KOMENTAR