-->

Kadiskes Sanggau : Masyarakat Jangan Resah virus Corona,Lakukan PHBS

Editor: suarasanggau.co.id author photo
Sanggau(SuaraSanggau)-
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Jones Siagian mengatakan virus corona itu,mendekati atau mirif dengan virus Mers-cov dan virus Sars  cov,mirif tapi dukit berbeda.

Jika virus itu menyerang saluran per napasan gejala yang muncul pastilah mirif dengan semua penyakit saluran pernapasan,penularannya dari binatang ke manusia,yang dikhawatir kan penularannya dari manusia ke manusia,kata Jones saat mengadakan Coffe Morning bersama awak Media, Senin (27/01)

Virus tersebut sudah terdeteksi dibeberapa Negara,bahkan katanya telah masuk ke Negara tetangga kita.

Untuk diwilayah kita lanjutnya,relatif aman, belum ada yang terdeteksi virus tersebut,namun demikian kita  jangan lengah harus waspada.

Sebelum virus ini ditemukan,dia mendapat informasi, ada fasien di Wuhan Tiongkok,mengalami penyakit demam panas,disertai flu batuk, dan badan lemah,setelah diisolasi dan diambil sample darahnya, tidak ada yang cocok dengan virus sebelum nya. 
Kemudian dilakukanlah penelitian diperkasai Kesehatan dunia (WHO) dan ditemukanlah virus 2019 novrl (corona) karena melibatkan kesehatan dunia,makanya begitu luar biasa paniknya seluruh dunia. 

Kita pun ambil langkah-langkah karena visi-misi bupati Sanggau maju dan terdepan, dan Sanggau Sehat hatus kita prioritaskan katanya

Bahkan ia telah melayangkan surat edaran ke seluruh Puskesmas di Kabupaten Sanggau ini  tangga 10 januari 2020,surat itu kita kirim.
Dalam surat edaran tersebut, kita minta kepada semua petugas dapat meningkatkan pelayanan mengacu pada SOP dan saya sebut ,dalam surat edaran itu saya denutkan adanya virus mistrius.

Husus untuk petugas kesehatan yang ada diperbatasan dapat mengambil langkah dan koordinasi dengan kantor karantina kesehatan entikong dan saya sarankan harus ada thermo control (Termoscanner.)

Ia menghimbau kepada masyarakat jangan panik, akan virus ini,untuk mencegahnya,jangan sampai kita terserang,ikuti saran petugas kesehatan,dengan melaksanakan PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat)

PHBS,dimulai dengan mencuci tangan pakai sabun, dan mendapat  pelayanan kesehatan, petugas kesehatan diminta selalu menggunakan masker.

Begitu juga masyarakat, kalau ada tetangga atau keluarga yang memperlihatkan gejala gangguan pernapasan, diharapkan mengguna kan masker. 

Kita juga sudah minta tolong pak Camat, jika ada warga yang baru datang dari negara yang sudah terkontaninasi,segera melaporkan untuk kita lakukan screening, katanya

Penulis  : Hermansyah
Editor     : Redaksi





Share:
Komentar

Berita Terkini