-->

Ketua KPU Bengkayang Lantik 85 Anggota Dari 17 Kecamatan

Editor: suarasanggau.co.id author photo


Ketua KPU Kabupaten Bengkayang, Musa Jairani melantik sebanyak 85 PPK dari 17 Kecamatan se- Kabupaten Bengkayang di Aula Hotel Lala Golden, Jalan Pahlawan, Kelurahan Bumi Emas Kecamatan Bengkayang, Sabtu (29/2/2020).

Bengkayang
 (Suara Sanggau)- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkayang, Musa Jairani melantik 85 Anggota PPK dari 17 Kecamatan se- Kabupaten Bengkayang di Aula Hotel Lala Golden, Jalan Pahlawan, Kelurahan Bumi Emas Kecamatan Bengkayang,  Sabtu (29/2/2020).

“Atas nama KPU mengucapkan selamat kepada seluruh anggota PPK yang dilantik berjumlah 85 orang dari yang mendaftar sebelumnya 323 orang. Saya berharap seluruh anggota PPK yang telah dilantik hari ini konsisten berpartipasi dalam mensukseskan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkayang  tahun 2020,” ujar Ketua KPU Kabupaten Bengkayang, Musa Jairani.

Menurutnya,  Anggota PPK yang dilantik hari ini merupakan anggota terpilih dalam proses penjaringan yang sangat ketat, ada yang pertama kali, sudah dua kali menjabat itu semua adalah sebuah hasil yang dicapai.

“Melalui seleksi dan dilakukan secada tertulis dan wawancara. Harapan kami bahwa rekan PPK dapat bekerja menjuinjung tinggi integritas, netral dan profesional sesuai dengan pesan Kapolda Kalbar barusan," kata Musa.

Dia menjelaskan, jika penyelenggara saja tidak netral dan tidak profesional bagaimana hasil Pilkada yang lahir dari sebuah proses Demokrasi.

“Setiap Anggota PPP melalui poses rekrut dan bersaing,  tidak main main karena dengan proses ketat," katanya.

Dia menjelaskan, harapan bersama juga. pelaksanaan Pilkada tahun 2020  berjalan dengan aman dan lancar, dan bersama-sama menjaga Kamtibmas bersama TNI/Polri dan semua elemen yang terlibat.

“Setelah dilantik juga PPK segera membentuk sekretariat dan paling lambat 7 hari sejak dilantik sudah ada," ujarnya.

Musa  berpesan agar petugas PPK dapat menjalankan amanah undang undang dengan penuh rasa tanggung jawab, karena sumpah dan janji yang telah diucapkan baik dihadapan diri sendiri, para saksi yang hadir hari orang lain, dan Tuhan tidaklah sekedar acara seremonial saja, namun harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Yohanes Atet, mewakili Plh Bupati Bengkayang Obaja  mengatakan penyelenggaraan pemerintahan harus tetap berjalan, eksis dan kita tetap semangat selenggarakan pemerintahan dan petugas PPK berperan penting dalam proses Pilkada.

“Pemilu adalah Pilihan demokrasi untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dan merupakan agenda konsolidasi demokrasi. Maka, Harus tercipta kondisi keamanan yang kondisi dan Pemerintahan sebagai legitimasi yang kuat dari amanah rakyat, dan kita tetap menjaga kualitas pemilu,"  katanya.

Dia mengatakan sepakat patuhi setiap tahapan pemilu secara damai sopan bermartabat dan penuh tanggung jawab, demi terselenggaranya pemilu aman tertib tentran dam kondusif.

“Pilkada adalah tradisi politik pemberdayaan masyarakat dalam mempertemukan aspirasi masyarakat melalui pemimpin yang nantinya terpilih,” ujarnya.

Yohanes Atet mengharapkan  semua stake holder komitmen dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, dalam mejalankan roda pemerintahan yang baik dan berkualitas.

“PPK jaga kondisi dan lahirkan pemilu berkualitas dan jangan berpihak kepada salah satu paslonpun. Sebab sudah dapat dipastikan, Jika penyelenggara tidak independen maka akan sulit,  namun jika sesuai koridor maka akan sukses,"  katanya.

Ia mengatakan jika goyang kiri dan kanan maka anggota PPK itu yang akan sulit, karena PPK dalam bekerja adalah satu tim, dan lima orang anggota PPK yang telah terpilih harus solid dan kompak agar proses Pilkada berjalan efektif.

“Kepada para camat, agar sediakan tempat kantor PPK sebagai sekretariat dan harus bisa bersinergi sebagai pengendali di kecamatan sampai kepada pemerintahan desa dipantau,"katanya.

Tidak hanya itu saja, kata Yohanen,  kepada PPK dan Panwas Kecamatan agar selalu berkomunikasi dengan camat, jangan peran dari camat dilupakan.

“Jadi bekerja secara netral dan komunikasi setiap saat. Karena tanggung jawab di wilayah kecamatan adalah Camat dan jangan berjalan sendiri-sendiri,” tegasnya.

Menurutnya,  harapan semua pihak semoga penyelenggaran Pilkada tahun 2020 ini berjalan dengan lancar aman tertib dan kondusif dan selamat bertugas.

Hadir dalam acara Pelantikan PPK yakni seluruh Camat se Kabupaten Bengkayang, Ketua PN Brely Yuniar, Kajari Martinus Hasibuan, anggota DPRD Martinus Khiu, dan mantan Ketua KPU Tahun 2008 Barudin.

Komisioner KPU Bengkayang diantaranya Erik Amatus,Hendrikus, Heribertus,Eka Lindawati, Ketua Bawaslu Yosef Harry Suyadi, Sekretaris KPU Samuel dan 85 Anggota PPK yang dilantik.

Penulis : Nadi
Editor :  Hermansyah
Share:
Komentar

Berita Terkini