-->

Dinsos Mempawah Tangani 37 Pasien Terlantar

Editor: suarasanggau.co.id author photo



Kepala Bidang Sosial, Dinas Sosial PPAPMPD Kabupaten Mempawah, Heru Agung Y.A,[Dian Sastra]

Mempawah (Suara Sanggau)- Dinas Sosial PPAPMPD Kabupaten Mempawah mengungkapkan, sampai hari ini pihaknya menangani 37 pasien terlantar. Para pasien ini telah mendapatkan perawatan dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) selama 180 hari kerja. Diharapkan para keluarga dapat menjemput pasien terlantar di Mempawah.

“Untuk pasien terlantar yang sudah dipulangkan sekitar 6-7 orang. Sedangkan yang masih terlantar kurang lebih 37 orang,” ungkap Kepala Bidang Sosial, Dinas Sosial PPAPMPD Kabupaten Mempawah, Heru Agung Y.A,  Rabu (11/03/2020) di Mempawah.

Heru menjelaskan, pasien terlantar telah mendapatkan penanganan medis di RSJ selama 180 hari kerja. Ketentuan ini telah ditetapkan berdasarkan pada layanan pengobatan gratis dalam program BPJS.

“Jika lebih dari 180 hari, maka biaya perawatan dan penanganannya sudah tidak ditanggung BPJS,” tuturnya.

Heru menjelaskan, kebanyakan pasien terlantar sudah lebih dulu didaftarkan sebagai peserta BPJS dan masuk dalam kategori masyarakat rentan. Biasanya, proses pendaftaran dilakukan ketika pasien terlantar ini diserahkan kepada Dinas Sosial Kabupaten Mempawah.

“Mereka yang datang langsung kita daftarkan. Namun jika sudah pernah mendapatkan pelayanan, maka tinggal melanjutkan saja. Dan sejauh ini pihak BPJS merespon baik program ini. Sebab, dana nya bersumber dari APBD,” papar Heru.

Terkait jumlah pasien terlantar sebanyak 37 orang, menurut Heru jumlah tersebut bisa lebih besar. Namun, pihaknya terus berusaha keras untuk menemukan alamat keluarga pasien terlantar. Kemudian, mereka diantarkan pulang kerumah atau dijemput sendiri oleh pihak keluarga.

“Bahkan, ada yang kita antar pulang ke Padang. Biaya pemulangan ini berasal dari anggaran rehabilitasi penyandang trauma,” ungkapnya.

Penulis : Dian Sastra
Editor    :  Man

Share:
Komentar

Berita Terkini