-->

Imbau Masyarakat Tak Panik Hadapi Virus Corona

Editor: suarasanggau.co.id author photo



Bupati Mempawah, Hj Erlina
Mempawah (Suara Sanggau) - Pasca pengumuman pemerintah pusat terkait dua warga Indonesia positif virus Corona, masyarakat menjadi resah dan khawatir dengan ancaman virus mematikan itu.

Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH, mengimbau masyarakat agar tetap waspada, namun tidak panik berlebihan dalam menyikapi penyebaran virus yang belum ditemukan vaksinnya itu.

"Masalah virus Corona, pemerintah telah mengkonfirmasi ada dua pasien positif di Indonesia. Artinya, virus ini sudah masuk di Indonesia dan berpotensi menyebarluas. Karena itu, kita harus meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian agar tidak terjangkit virus Corona," kata Bupati Erlina di sela-sela menghadiri kegiatan pelatihan teknik panen dan pasca panen padi organik di Sadaniang, Selasa (3/3/2020).

Sikap panik berlebihan yang dimaksud Bupati Erlina yakni, sikap sebagian masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah, membeli bahan makanan dalam jumlah banyak untuk mengantisipasi kejadian yang lebih parah, atau membatasi interaksi dengan masyarakat di lingkungannya.

"Dalam situasi ini kita juga tidak boleh berlebihan dan panik. Harus tetap tenang, namun harus selalu waspada dan memproteksi diri," sebutnya.

Maka yang harus dilakukan, menurut Erlina,  melakukan antisipasi diri dengan memakai masker saat di luar rumah, tidak melakukan kontak fisik dengan warga negara asing yang berasal dari negara tertular, terapkan hidup bersih dengan sering mencuci tangan pakai sabun, mandi serta menjaga kebugaran tubuh agar selalu dalam kondisi sehat dan fit.

"Tak kalah penting, kita selalu berfikir positif dan penuh semangat. Karena dengan fikiran positif, kita akan lebih kuat dan kebal terhadap penyakit termasuk virus corona ini. Karena itu, kita harus tetap waspada dan berhati-hati dengan melakukan kiat-kiat kesehatan dan langkah lainnya tanpa harus melakukan tindakan berlebihan," tukas Erlina.


Penulis  : Dina Wardoyo
Editor    : Hermansyah
Share:
Komentar

Berita Terkini