-->

Positif Corona di Serawak, Dinkes Kalbar Pastikan Karantina Warga Kalbar yang Datang dari Malaysia

Editor: suarasanggau.co.id author photo


Kadinkes Kalbar, dr Harisson
Pontianak (Suara Ssnggau) - Kementrian Kesehatan Malaysia mengeluarkan pernyataan jika dikawasan negara Malaysia tersebut telah terjangkit virus Corona sebanyak 3 orang.

Konsulat Malaysia di Pontianak Mohiuddin Ghazali mengatakan jika benar sesuai surat yang ia terima dari Pemerintahan Malaysia melalui Kementrian Kesehatan jika 3 orang positif terserang virus Covid 19.
"Sarawak hari ini mencatat pertama kasus Covid-19 dimana tiga orang telah diuji positif. Ketua komite manajemen bencana negara Datuk Amar Douglas Uggah mengatakan bahwa keduanya berasal dari kelompok yang menghadiri "Ijtimak" atau pertemuan keagamaan di Sri Petaling masjid di Selangor dari 28 februari hingga 1 Maret baru-baru ini, sementara 3 orang adalah family," ungkapnya kepada suarakalbar.co.id, Jumat (13/3/2020).

Melalui pernyataan surat yang dikeluarkan pemerintah Malaysia, Mohiuddin menyatakan jika pemerintah Malaysia melalui penanggulangan bencana negara ingin meyakinkan masyarakat bahwa Departemen Kesehatan Sarawak siap menghadapi kemungkinan munculnya dari Covid-19 di berbagai rumah sakit yang ditunjuk yaitu rumah sakit Sarawak, Sibu, rumah sakit Bintulu dan Miri.
"Pusat karantina telah didirikan di Kuching, Sibu, Bintulu dan Miri dan siap untuk operasi," jelasnya.

Mengetahui Serawak positif tiga orang terserang Corona, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji melalui akun Instagram dan Facebook pribadi miliknya menyatakan melarang seluruh warga Kalbar untuk melakukan perjalanan keluar negeri termasuk Malaysia.
"Serawak sudah ada beberapa kasus positif Corona, tetap waspada dan sekali lagi saya minta untuk tidak ke negara terjangkit Corona, saya marah jika ada masyarakat Kalbar yang tetap keluar, mulai besok yang kembali dari luar termasuk Serawak akan dikarantina 30 hari," tegasnya.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Harisson menegaskan jika pihaknya akan mengkarantina semua warga Kalbar setibanya dari Malaysia.
"Saya menerima surat yang dikeluarkan Pemerintah Malaysia melalui Konsulat Malaysia di Pontianak dan Malaysia sudah tiga yang positif Corona. Untuk itu Dinkes Kalbar akan mengkarantina semua warga yang pergi ke Malaysia sesuai instruksi Gubernur," tegasnya.

Mengkarantina seluruh warga yang datang dari Malaysia dijelaskan mantan Kadinkes Kapuas Hulu ini menjadi kewajiban karena WHO menyatakan harus mengkarantina seluruh warga yang datang dari negara yang terjangkit Corona.
"Sesuai aturan semua warga yang datang dari Malaysia baik dari Kuala Lumpur atau Kuching tetap dikarantina," pungkasnya.


Penulis : Dina Wardoyo
Editor    : man

Share:
Komentar

Berita Terkini