Sekda Kalbar : ASN Kalbar Tetap Bekerja Seperti Biasa Layani Masyarakat

Editor: suarasanggau.co.id author photo

Sekda Kalbar AL Leysandri (Kiri) bersama Gubernur Kalbar Sutarmidji dan Kadinkes Kalbar Harisson

Pontianak (Suara Sanggau) - Beberapa langkah antisipasi merebaknya virus N-Covid 19 yang terjadi di beberapa kawasan di Indonesia membuat kebijakan kepala daerah di beberapa Provinsi menyarankan para aparatur sipil negara (ASN) untuk bekerja dirumah.

Meski kebijakan menyarankan para ASN bekerja dirumah oleh beberapa kepala daerah di beberapa Provinsi dan Kabupaten, Sekda Kalbar AL Leysandri mengakui jika hal itu belum dilakukan di kalangan ASN Pemprov Kalbar.
"Akan kami kaji dulu kalau bekerja dirumah. Bagaimana pelayanan yang harus dilakukan ASN kepada masyarakat bagaimana koordinasinya terutama apa yang harus dilakukan para pegawai agar masyarakat tidak panik itu yang masih akan kami kaji," ungkapnya, Senin (16/3/2020)

Dijelaskannya bahwa fungsi ASN adalah melayani masyarakat sehingga dengan situasi dan kondisi yang memprihatinkan karena virus Corona pihaknya harus dapat tetap mengabdi kepada masyarakat.

Menurutnya menyarankan para ASN untuk bekerja dari rumah merupakan kebijakan Gubernur Kalbar Sutarmidji hanya bagi mereka yang dalam keadaan tidak fit sehingga disarankan untuk bekerja dirumah.
"Sesuai arahan Pak Gub bagi para ASN yang sakit tidak fit maka disarankan bekerja dirumah. Tetapi bagi yang sehat ya sesuai dengan Tupoksi siap melayani masyarakat luas," tegasnya.

Meski demikian diakui mantan Sekda Kabupaten Sanggau ini bahwa kebijakan ASN bekerja dirumah atau dikantor baru akan dibahas besok.
"Kalau libur kemungkinan tidak tetapi kebijakan lainnya terkait ASN baru akan kami bahas besok," urainya.

Peran dan fungsi para ASN menghadapi situasi dan kondisi merebaknya Corona dijelaskan Leysandri juga akan dibahas besok sehingga para pegawai memahami langkah apa saja yang harus mereka ambil.
"Bahwa pegawai harus paham langkah yang harus diambil menyikapi situasi seperti ini. Karena Gubernur selalu mengatakan jika kita harus tanggap atas apa yang terjadi dan peran ASN agar wabah tidak semakin menyebar harus dipahami," pungkasnya.


Penulis  : Dina Wardoyo
Editor    :  Hermansyah

Share:
Komentar

Berita Terkini