CONNECT WITH US
  • Melatih kemampuan personil Polres Sanggau ,Dalam penanganan Tindakan.

    Bagikan:

    Sanggau(Suara Sanggau)
    Menghadapi situasi terburuk yang bisa saja terjadi setiap saat,
    khususnya dalam penanganan pemulasaran jenazah terpapar Covid-19,Polres Sanggau menggelar pelatihan dan simulasi penanganan mayat Covid-19,dengan mengguna 
    kan alat pelindung diri (APD)lengkap
    sesuai protokol kesehatan.
    Simolasi penanganan Covid 19 berlangsung di halaman Mapolres Sanggau, Senin (27/4). 

    Kegiatan diawali dengan penyempro tan disinfektan,kepada petugas yang
    sudah menggunakan baju APD leng
    kap,serta kendaraan yang akan digu
    nakan.

    Kemudian sampai di TKP memberi tindakan pada jenazah, mulai dari penyemprotan disinfektan, membawa jenazah ke rumah sakit, pembungkusan jenazah,serta mema sukkan jenazah ke dalam peti, pergeseran peti jenazah ke lokasi pemakaman, hingga pemakamannya ke liang lahat.


    Kegiatan itu disaksikan langsung Kapolres Sanggau AKBP. Raymond M Masengi didampingi,Kabag Ops Polres Sanggau, Kompol Bermawis serta sejumlah Kasat di lingkungan Polres Sanggau. 

    Usai simulasi,Kapolres Sanggau AKBP Raymond M Masengi, ditemui wartawan mengatakan  bahwa simulasi yang diperagakan ini,meru
    pakan prosedur yang harus dijalan kan sesuai perintah pimpinan.
    Tujuan simulasi ini bertujuan untuk melatih kemampuan personil Polres Sanggau terutama penanganan Tindakan Pertama pada Tempat Kejadian Perkara (TPTKP). 

    Ke depan,setiap perkara, kami akan menerapkan prosedur seperti ini, lengkap dengan APD walaupun kita belum tahu, apakah yang meninggal ini mengidap Virus atau tidak,ujar Kapolres.

    Dengan simulasi penanganan dan pemulasaran jenazah prosedur Covid-19, diharapkan Polres Sanggau siap mengantisipasi jika terdapat keterbatasan tenaga pemulasaran jenazah, ditempat kejadian maupun laka lantas, dan kejadian tertentu korban Covid-19 maupun penyakit menular lainnya.

    Intinya kami sudah siap menangani jenazah yang ditemukan meninggal dunia mulai dari menuju TKP, pemulasarannya hingga pemaka mannya," ujarnya.

    Ditambahkan Kapolres,dalam menangani masalah ini  pihaknya telah berkoordinasi dengan gugus tugas,bahwa untuk pemakaman ini harapan kami bisa diterima masya
    rakat dimana saja,baik dikota maupun di kecamatan ujar Raymond.
    M.Masengi.

    Penulis  :  Cok
    Editor.     : Hermansyah


    KOMENTAR