-->

Pembangunan Bersumber Dana APBD dan DAU Tetap Jalan

Editor: suarasanggau.co.id author photo

        Ir.H.Jhon Hendri  Kepala Dinas         Bina Marga Dan Sumber Daya Air                        (BM SDA) 

Sanggau (Suara Sanggau) Pemerintah Kabupaten Sanggau, memastikan pembangunan melalui APBD dan Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran 2020 tetap berjalan, sedangkan Dana Alokasi Khusus (DAK) ditarik pemerintah pusat dan dialihkan untuk penanganan COVID-19.

Kepala Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air (BM SDA) Kabupaten Sanggau, John Hendri, mengatakan dalam rangka melaksanakan pembangunan khususnya infrastruktur di Sanggau ini walaupun masih dalam wabah Covid -19, sebagaimana arahan  Bupati Paolus Hadi bahwa sebagai aparatur, sebagai pelayan masyarakat bagaimanapun juga harus melaksanakan pembangunan walaupun punya keterbatasan. 

“Dampak daripada Covid-19 ini, ada beberapa anggaran kami yang cukup lumayan dikurangi, terutama DAK dihentikan oleh kementerian baik yang akan maupun yang sedang,”kata John Hendri ,Rabu (30/04/2020).

Berdasarkan surat edaran menteri keuangan tentang penghentian proses pengadaan barang atau jasa DAK fisik tahun 2020. Yang besarannya lebih kurang 43 miliar rupiah dan DAK ini ada tiga kategori atau kelompok yaitu  DAK Reguler, DAK Penugasan dan DAK Apirmasi.

“Diantaranya terdiri dari DAK Reguler Kegiatan ruas jalan Sungai Mawang -Empaong  19,7 Miliar, Pemeliharaan jalan Karya Bhakti 3,4 Miliar kemudain pemeliharaan berkala jalan Sutan Syahrir 3,1 Miliar, Untuk DAK Penugasan yaitu jalan Noyan – Simpang Lubuk Sabuk 3 Miliar, Peningkatan jalan Balaikarang – kladang dua 7,9 Miliar dan DAK Apirmasi yaitu peningkatan jalan simpang kuya – Segumun 2,6 Miliar,”jelasnya.

Dikatakannya, Ruas jalan tersebut telah Pemkab programkan di tahun 2020 namun dikarenakan sesuatu hal yang terkait dengan Covid-19 akhirnya dana itu diambil lagi oleh pusat sehingga untuk 2020 ini belum bisa kita lakukan.

“Jadi kami sebagai pelayan masyarakat serta atas nama pemerintah menyampaikan kepada masyarakat yang tadinya sudah bisa mebayang-bayangkan bahwa tahun ini akan mulus yang jalannya namun dikarenakan suatu hal ini jadi belum bisa melaksanakan itu. Tetapi ini tetap kita angkat lagi ditahun 2021,” pungkas John. 

Penulis   : Cok
Editor      : Man
Share:
Komentar

Berita Terkini