CONNECT WITH US
  • Peran Serta Kejaksaan, Dalam Mencagah Penularan Covid-19

    Bagikan:

      

    Sekadau (Suara Sanggau) - Kejaksaan Negeri Sekadau dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Sekadau melaksanakan kegiatan "Adhyaksa Peduli Masyarakat” dengan cara membagikan bingkisan sembako kepada para pekerja informal seperti penambang sampan, ojek pangkalan dan tukang parkir.

    Selain itu, bantuan juga menyasar Lansia dan warga yang sedang sakit yang bermukim di sekitar Kantor Kejaksaan Negeri Sekadau.

    Kepala Kejaksaan Negeri Sekadau, Andri Irawan mengatakan kegiatan dilaksanakan secara serentak pada hari Rabu, (8/4/2020) oleh para pegawai Kejaksaan dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini pada 1 Kejaksaan Tinggi, 11 Kejaksaan Negeri serta 2 Cabang Kejaksaan Negeri di seluruh Kalimantan Barat.

    "Kegiatan bakti sosial yang dilakukan merupakan bentuk nyata program Kejaksaan khususnya di daerah Sekadau membantu meringankan beban masyarakat, terutama para pekerja di sektor informal yang sedang mengalami kesulitan dalam mencari nafkah sehari-hari akibat dampak wabah Covid-19," ujar Kajari Sekadau, Andri Irawan.

    Adapun bantuan yang diberikan berupa sembako sebanyak 100 paket yang berisi beras, minyak goreng, mie instant, gula pasir dan teh yang berasal dari sumbangan para pegawai Kejaksaan Negeri Sekadau dan keluarganya serta berasal dari sumbangan dari beberapa pengusaha yang memiliki kepedulian untuk berbagi dengan sesama.

    Untuk menjaga kesehatan dan menerapkan social distancing serta menghindari kerumunan, maka pegawai Kejaksaan dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Sekadau dalam pembagian paket sembako dilengkapi APD berupa masker dan sarung tangan.

    "Mekanisme penyaluran dilakukan secara mobile dan on the spot langsung ke sasaran, baik menggunakan jalur darat menggunakan mobil maupun jalur sungai menggunakan perahu kelotok dan untuk menjaga keamanan petugas kita dilengkapi dengan APD berupa masker dan sarung tangan," tuturnya.

    Andri menambahkan, selain itu untuk literasi dan edukasi kepada masyarakat, dalam paket sembako yang diserahkan juga disertakan flyer himbauan kepada masyarakat untuk ikut berperan serta secara aktif memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

    Dalam himbauan tersebut masyarakat diminta selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, menghindari kerumunan, selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau gunakan Hand Sanitizer, menjaga jarak minimal 1 meter dan hindari kontak fisik dan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

    "Tentu kita tidak henti-hentinya menghimbau masyarakat agar turut serta mencagah penularan Covid-19 ini dengan cara menjalankan pola hidu sehat dan menghindari Sosial Distancing," pungkasnya.

    Penulis : Tambong Sudiyono
    Editor   :    Hermansyah

    KOMENTAR