-->

Adat Budaya Melayu Perlu Dilestarikan

Editor: Redaksi author photo


   Bupati Memasuki rumah adat Me
   layu sintang
 Sanggau (SuaraSanggau)
Acara Gunting rambut,dan turun anak ke aik, merupakan adat Melayu berlangsung di Rumah Melayu Sintang, Jalan Y.C Oevang Oeray, Minggu (2/8/20).

Acara guntingan rambut dan turun anak ke aik itu dilaksanakan Camat Belitang ,Hermansyah, yang akan melakukan gunting rambut putrinya Shamara Thara Shaqueena,dan Putri dari Ketua Umum MABM Kabupaten  Sintang Ade Kartawijaya,bernama Fitri Diana Kartawidjaja.
Bupati Sekadau Rupinus dan wakilnya Aloysius, didam pingiistri nya datang menghadiri undangan tersebut,
Tampak juga mendampingi bupati  Sekda Sekadau Nurhadi beserta istrinya, Kabag Protokol dan Komunikasi.

Bupati Sekadau Rupinus dalam sam butannya, mengucapkan terima kasih kepada panitia, yang telah mengun dang Pemkab Sekadau di acara ini ,dan ini merupakan suatu penghormatan bagi kami katanya.

Kami kabupaten Sekadau baru berusia 15 tahun, ibarat manusia baru memasuki masa remaja sehingga masih harus banyak belajar dan perlu bimbingan dari saudara kita yang lebih tua, yakni kabupaten Sintang, Mari kita merajut rasa kebersamaan dan toleransi,” ujarnya.

Menurut orang nomor satu di bumi lawang kuari itu, kegiatan Pagelaran Adat Budaya Melayu Sintang, bertajuk acara gunting rambut dan turun anak ke aik,merupakan Adat budaya melayu yang perlu kita dilestarikan.Saya Selaku Bupati Sekadau merasa terpukau dengan acara ini, demikian jiga melihat Rumat Adat Melayu Tepak Sireh  Sintang ini ujarnya.

Sekadau lanjutnya,belum punya Rumah Adat Melayu,kedepan kita berencana membangun rumah adat
budaya melayu, kehadiran kami disini
sangat  termotivasi untuk memba ngun rumah adat Melayu tersebut.

Sekarang ini lanjutnya, Kabupaten Sekadau sedang fokus menyele saikan pembangunan Masjid Agung dan Gereja Agung ,jika keraton kita sudah ada katanya, 

Sekarang pembangunan Masjid Agung dan Gereja katolik,dalam tahap penyelesaian pembangu nannya,mudah mudahan tahun ini selesai,menyusul pembangunan 
rumah adat Melayu,karena semuanya
itu butuh proses  ujarnya.

Diahir Sambutannya,bupati mendoakan agar kedua anak,yang dilakukan prosesi Gunting rambut dan turun ke aik,pertumbuhan badannya selalu sehat dan kuat dan menjadi anak yang berguna,dan berbakti kepada orang tua,bangsa] dan Agama (Hermansyah)

Share:
Komentar

Berita Terkini