-->

Cegah Covid-19, Wali Kota Keluarkan Perwako Terapkan Sanksi Bagi Pelanggar

Editor: Redaksi author photo
SUARA SANGGAU- Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengajak masyarakat dan semua pihak untuk mencegah penyebaran Covid-19, diantara upaya yang dilakukannya seperti menerbitkan Perwako Nomor 49 Tahun 2020 yang mengatur sanksi pelanggaran penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang mulai berlaku mulai Senin (14/9/2020).

“Untuk meningkatkan kewaspadaan dan peningkatan protokol kesehatan akan diberlakukan Perwako Nomor 49 Tahun 2020, mengenai sanksi apabila tidak mematuhi disiplin protokol kesehatan,” ujar Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie melalui pesan Whats Apps (WA), Minggu (13/9/2020).

Dalam menanggulangi Covid-19, kata Tjhai Chui Mie, perlu menggandeng tangan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Jadi tidak bisa bekerja sendiri-sendiri dan menyelesaikan sendiri-sendiri, karena penyebarannya ke manusia maka perlu kekompakan atau secara bersama-sama,” katanya.

Diantara sanksi bagi pelanggar secara perseorangan yaitu teguran lisan atau tertulis, kerja sosial selama 30 menit ditempat pelanggaran dilakukan, dikarantina sampai keluar hasil swab PCR dengan menyesuaikan situasi dan kondisi.

Sedangkan pelanggar bagi pelaku usaha yaitu teguran lisan atau tertulis, pembubaran kegiatan, penghentian atau penutupan sementara operasional usaha, pencabutan izin usaha, dikenakan denda sebesar Rp 1 juta.

Sebelumnya Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, sudah melakukan rapat bersama Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Singkawang melalui via virtual zoom pada Sabtu (12/9/2020).

Diantara hasil rapat tersebut diantaranya melakukan penyemprotan disinfektan bersama Kapolres Singkawang, dan Dandim 1202 Singkawang serta Pemkot Singkawang.

Tjhai Chui Mie juga menyampaikan bahwa kondisinya juga sudah semakin baik, dan mulai melakukan aktivitas olahraga seperti bersepeda di Rumah Dinas Wali Kota Singkawang yang menjadi lokas isolasi mandiri Wali Kota Singkawang bersama keluarganya.

Ditempat terpisah, Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang, Sumberanto Tjitra mengatakan pihaknya mendukung dengan adanya Perwako Nomor 49 Tahun 2020 Tentang penerapan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan.

“Ini dalam rangka untuk mencegah penyebarluasan Covid-19, jadi bukan hanya imbauan saja, tapi juga disertai dengan sanksi-sanksi bagi para pelanggarnya,” katanya.

Sumberanto Tjitra juga meminta agar semua pihak mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau penggunaan hand sanitizer, serta menjaga jarak aman.

Namun dia juga menyarakan agar informasi terkait ketika ada yang sudah terkonfirmasi agar segera ditindaklanjuti dengan cepat. “Jangan sampai hasilnya lama diketahui seseorang yang sudah di swab, jadi harus cepat agar yang sudah terkonfirmasi bisa melakukan isolasi mandiri atau perawatan dengan cepat,” ujarnya.(SK-Tim)

Share:
Komentar

Berita Terkini