-->

Gerakan PKK Itu Nyata dan Bermanfaat Bagi Peningkatan Kesejahteraan Keluarga dan Masyarakat

Editor: Redaksi author photo






SUARA SANGGAU.Co.Id – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sanggau, Ny. Arita Apolina, S.Pd, M.Si hadir menyaksikan acara pelantikan pengurus TP PKK Kecamatan Balai. Dalam hal tersebut dilantik oleh Camat Balai, Poheng Gew, bertempat di aula Kantor Camat Balai, Jumat (18/9/2020).

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua GOW Kabupaten Sanggau, Ny. Yohana Kusbariah Ontot, Ketua DWP Kabupaten Sanggau atau yang mewakili, Ketua TP PKK Kecamatan Balai, Ny. Norberta Lusia, Forkompimcam, Para Kades dan pengurus TP PKK yang dilantik.

Usai melantik, Camat Balai, Poheng Gew ucapkan terimakasih atas kehadiran Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau pada acara pelantikan tersebut.

“Ini menjadi motivasi bagi kami tentu di kecamatan untuk bekerja lebih baik, lebih giat lagi dalam rangka mensukseskan 10 program PKK tersebut. Dimana 10 program ini merupakan bagian dari pelaksanaan pembangunan daerah, karena ini sangat bersinergi,” jelasnya.

Selaku Pembina TP PKK Kecamatan Balai, Poheng menyampaikan kepada bapak dan ibu yang dilantik berharap bukan cuman nama yang tertera di SK tertulis saja.

“Akan tetapi harapannya mau bekerja dengan sungguh-sungguh karena menjadi pengurus PKK ini bukan di gaji akan tetapi lebih banyak kerja sosial. Oleh karena itu, kita berharap mereka ini bisa bekerja dengan sungguh-sungguh dengan hati dan tidak memikirkan imbalan dan sebagainya. Kedepan kami harapkan TP PKK Kecamatan Balai akan lebih baik,” harap Camat Balai, Poheng Gew.

Dalam kesempatan yang sama Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Ny. Arita Apolina menyampaikan bahwa PKK sebagai mitra kerja pemerintah, berperan aktif, bekerjasama dengan dinas/badan instansi terkait telah berupaya semaksimal mungkin dalam melaksanakan program kerja agar terlaksananya 10 program PKK dan program pembangunan lima tahun dengan mengacu pada hasil Rakernas VIII PKK tahun 2015.

“Disinilah posisi dan peluang gerakan PKK yang telah teruji selama hampir setengah abad, untuk menunjukan potensinya dalam mempersiapkan kualitas sumber daya manusia sejak dini,” jelasnya.

Ny. Arita Apolina juga katakan secara garis besar masing-masing pengurus memahami tugasnya dengan melihat dan mengacu dari 10 program pokok PKK.

“Sebagai Ketua dan Wakil Ketua TP PKK mengkoordinir keseluruhan kegiatan dan program kerja yang diprogramkan selama satu tahun, yang dituangkan dalam bentuk proposal program kerja PKK. Sekretaris PKK agar dapat memahami tugasnya mengenai administrasi, pendataan, surat menyurat, serta agenda kegiatan PKK dan dokumentasi; Pokja Satu, tugasnya arisan rutin bulanan, memahami Kadarkum, serta gotong royong di masyarakat dan pendataan kelompok Bina Kelompok Lansia (BKL); Pokja Dua, tugasnya pendataan pendidikan baik buta aksara, KF, paket, PAUD, sert sebagai penyuluhan atau membina kelompok UP2K, serta penyukuhan dan bentukan kelompok BKB, BKR; Pokja Tiga, tugasnya bagaimana dapat mensosilisasikan tentang pemanfaatan pekarangan rumah tangga melalui Hatinya PKK, pelestarian toga alam, peningkatan mutu pangan dari segi protein hewani, meningkatkan dan mensosialisasi tentang gerakan makanan pangan lokal yang bergizi dan Pokja Empat, tugasnya berkaitan dengan kesehatan, banyak hal yang harus dilakukan di Pokja Empat, harapannya melalui kader PKK, kita bisa bergerak disetiap lini baik PHBS, Kesling, Posyandu baik lansia maupun balita dan bulan Vitamin A,” jelas Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Arita Apolina.

Ia juga menaruh harapan besar terhadap peran dan keberadaan gerakan PKK dalam ikut menangani berbagai masalah kehidupan masyarakat kita, seperti masalah moral dan karakter keluarga, ekonomi kerakyatan, pendidikan serta kesehatan.

“Tunjukkan bahwa gerakan PKK itu nyata dan bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat secara keseluruhan. Buktikan bahwa gerakan PKK itu sesungguhnya adalah gerakan pemberdayaan masyarakat yang dimulai dari keluarga,” ujarnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Arita Apolina menyampaikan agar PKK diminta membantu pemerintah untuk berperan aktif dalam mensosialisasikan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Sanggau.

“Mari kita terapkan perilaku Empat M, diantaranya; pertama, memakai masker; kedua, mencuci tangan pakai sabun; ketiga, menjaga jarak dan keempat menghindari kerumunan,” ajaknya.

Prosesi pelantikan pengurus TP PKK Kecamatan Balai yang dipimpin langsung oleh Camat Balai dan disaksikan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau.

( Alfian/Diskominfo)

Share:
Komentar

Berita Terkini