-->

Kades Sungai Purun Kecil : 699 Rumah Terendah Banjir

Editor: Redaksi author photo
Warga Korban Terdampak Banjir di
 Desa Purun Kecil, yang dievakuasi ke SMPN 2



SUARA SANGGAU Banjir bandang  kini dialami warga yang bermukim 
di Kabupaten Mempawah. Salah satu kawasan yang terparah  terkena banjir, yakni Desa Purun Kecil, Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah.

Kepala Desa Sungai Purun Kecil, Zainol Bahri menerangkan, ada 699 rumah yang tergenang banjir di wilayah Desa Sungai Purun Kecil ini.

“Awalnya rumah yang kena nanjir  itu ada 344 rumah  dan malam sabtu hujan turun lagi sekitar jam 2 malam,karena curah hujan cukup deras dan kita data kembali jumlahnya bertambah menjadi 
699 rumah,dengan jumlah kepala keluarga 817 KK terangnya.

Zainol menjelaskan awal mulai banjir datang dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi.

Banjir datang mulai kamis dengan kedalaman 40 centi meter sampai 1 meter. Kita dapat telpon dari warga sekitar jam 1 malam, terjadi banjir  kita cek ke lokasi bahwa benar banjir naik. 

Melihat kondisi air makin naik, pihak Desa Sungai Purun Kecil langsung melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir ke Smp N 2 Sungai Pinyuh,tak semua warga yang terdampak banjir  kita tampung di sekolah ini,hanya 130 jiwa,se
lebihnya,mereka ngungsi di rumah keluarga.
Dipilihnya SMP Neg 2.untuk menam
pung mereka kerena tempatnya 
memadai ada MCK semuanya ujarnya.

Akibat terjadinya banjir tersebut,desa sungaui.Purun kecil,jadi.perhatian pemkab Mempawah Polres dan Persit Kodim 1201/Mph,selain mengunjungimereka memberi kan.bantuan.

Demikian juga Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Sosial Kalimantan Barat turut memberikan sumbangan kepada korban yang terkena dampak dari banjir tersebut.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Golda M Purba hadir kelokasi kejadian, untuk melihat kondisi masyarakat di Desa Purun Kecil dan sekaligus juga memberikan bantuan.

Golda menjelaskan, pihak Dinsos sudah memberikan beberapa bantuan berupa bahan makanan dan juga sandang. Bantuan dari Dinsos langsung diserahkan kepada Kades Desa Purun Kecil.

Kami dari Dinas Sosial memberikan bantuan berupa beras,mie instan,selimut untuk meringankan beban  masyarakat di Desa Sungai Purun Kecil bersama dengan tim Tagana Dinas Sosial Provinsi Kalbar diserahkan kepada kepala desq.,bahkan kita juga sudah
.mendirikan dapur umum
 ujar Golda kepada wartawan di Kantor Kepala Desa Sungai Purun Kecil, Senin (7/9/2020),kita berharap mudah mudahan banjir nya surut,” ungkapnya.

Dia menerangkan,apa yang dilakukannya itu,merupakan arahan langsung dari Gubernur Kalimantan Barat untuk Segera memberikan bantuan kepada korban bencana banjir ini.

Bantuan yang kita berikan hari ini berupa beras 2.734 kilogram, makanan anak 30 dus atau 180 paket serta mie instan sebanyak 60 dus atau 2.400 bungkus.
Kita berharap bantuan yang diberikan itu dapat membantu saudara kita yang terdampak banjir(Yapi/Herman)

Share:
Komentar

Berita Terkini