-->

Kembali...FW-LSM Kalbar Gelar Seminar dan Bimtek

Editor: Redaksi author photo
SUARA SANGGAU.Co.Id.– Forum Wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (FW-LSM) Kalimantan Barat,kembali akan menggelar 
seminar anti korupsi,yang dirangkai dengan bimbingan tehnis(Bimtek)
Kegiatan tersebut akan dilaksanakan diSanggau selama dua hari  tanggal 26 dan 27 September 2020 di Garden Palace Hotel Sanggau.

Hal tetsebut dikatakan Ketua Umum Presidium FW-LSM Kalbar Yayat Darmawi, SE, SH, MH didampingi Sekjen Wan Daly Suwandi kepada wartawan, Minggu (20/9/2020).

Dikatakannya,kegiatan ini merupakan  agenda rutin FW-LSM yang dilaksana kan dua kali dalam setahun, sebelum nya,kegiatan yang sama kita laksa nakan dikota Pontianak,agenda ini akan terus bergulir dilaksanakan dua kali dalam setahun dengan lokasi penyelenggaraan berpindah-pindah ke setiap kabupaten/kota se-Kalbar,” katanya.

Apa yang kami lakukan ini lanjutnya merupakan salah satu wujud peran serta masyarakat sipil, dalam mem
berikan masukan dalam pence
gahan serta pemberantasan korupsi, seperti yang diatur dalam pasal 41Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999,” kata Ketua Umum Presidium FW-LSM Kalbar.

Dikatakannya pula,Praktik korupsi ini merupakan kejahatan yang luar biasa dan telah merambah ke berbagai sektor. Tindak pidana yang tergolong dalam extra ordinary crime ini bukan saja mengharuskan penindakan yang serius oleh aparat hukum dengan segala komitmen dan integritasnya, tetapi juga memerlukan upaya pencegahan sebelum praktik korupsi terjadi. “Dalam hal pemberantasan, kami sudah dan akan terus membuat pelaporan kepada aparat hukum terkait hingga pelaporan tersebut masuk dalam persidangan,” kata Yayat.

Sementara itu, Sekjen FW-LSM Kalbar Wan Daly Suwandi, menambahkan Seminar Pencegahan Korupsi ini mengambil tema  Penguatan Peran Serta Masyarakat dalam menganti sipasi korupsi.

Dengan tema tema tersebut,tentunya dapat kita jabarkan,bahwa kotupsi itu tidak hanya pada sektor pengadaan barang dan jasa saja,namun banyak unsur yang dikatakan koropsi itu kata Wawan pangilan akrab Sekjen FW-LSM Kalbar.

Bintek yang digelar selama dua hari itu,dibagi dalam dua segmen antara lain teknik peliputan untuk karya jurnalistik investigatif khusus dugaan tindak pidana korupsi dan teknik investigasi dan pelaporan LSM terkait dugaan tindak pidana korupsi. “
Dengan nara sumbernya dari pihak Kejaksaan,lembaga pengadaan dan kepala sekolah antikorupsi Gemawan.dan stack holder lainnya yang diundang. 
Dalam kegiatan tersebut kita tetap berpedoman dengan protokol kese
hatan guna pencegahan penularan Covid-19,” ujar Wawan Panggilan aktab Sekjen FW.-LSM

Ia minta kepada semua anggota
FW-LSM kalbar yang mengikuti seminar nanti, agar lebih Fokus mengikutinya karena ilmu yang akan kita terima itu,sangat berguna untuk kita melakukan investigasi dilapangan,jangan sia siakan kesempatan yang baik ini,kata Wawan menutup pembicaraannya.(Relis FW-LSM/Man)

Share:
Komentar

Berita Terkini