-->

BKSDA Kalbar Lepaskan 36 Ekor Burung di Hutan Adat Istana Amantubillah

Editor: Redaksi author photo
Petugas BKSDA Provinsi Kalbar dan Kapolsek Mempawah Timur, Ipda Ria Iskandar, saat melepasliarkan 36 burung di Hutan Adat Istana Amantubillah,



SUARASANGGA.Co.Id.Mempawah
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan pelepasli aran satwa berupa 36 ekor burung di Hutan Adat Istana Amantubillah Mempawah, Senin (26/10/2020) pukul 16.30 WIB. 

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Kapolsek Mempawah Timur, Ipda Ria Iskandar, mengatakan, ke-36 satwa yang dilepasliarkan merupakan hasil pengamanan peredaran Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) Pos Pelabuhan Dwikora Pontianak.

Burung-burung tersebut termasuk hewan yang dilindungi pemerintah sehingga harus dilepasliarkan ke habitat asli dalam rangka menjaga dan melestarikan ekosistem. 

“Saat pelepasliaran burung-burung itu, BKSDA Kalbar mengirim tiga petugas ke Istana Amantubillah Mempawah. Mereka adalah Ketua Satgas Tumbuhan Satwa Liar dan Kasat Polhut, yakni Ibu Paramita Rosandi, Dokter Hewan Rahmayani dan Prasetyo Addi,” kata Ria Iskandar. 

Sementara yang mendampingi, selain Ria Iskandar, juga hadir dua anggota Laskar Diraja Amantubillah (LDA) dan dua personel Polsek Mempawah Timur. 

Pelepasliaran berlangsung tepat di steigher belakang Istana Amantubillah, Kelurahan Pedalaman, Kecamatan Mempawah Timur, dalam cuaca hujan rintik-rintik.

Adapun satwa yang dilepaskan, terdiri atas burung Cucak Hijau 5 ekor, Kacer 8 ekor, Holibri 9 ekor dan Cucak Jenggot sebanyak 14 ekor. 

Proses pelepasliaran berlangsung lancar. Karenanya, Ria Iskandar mengucapkan terima kasih kepada BKSDA Kalbar yang telah mempercayakan Laskar Diraja Amantubillah (LDA) sebagai lokasi habitat baru ke-36 burung tersebut. 

“Dalam kesempatan ini pula, saya mengimbau seluruh masyarakat yang masih memiliki atau memelihara satwa/binatang yang masuk dalam kategori dilindungi, agar menyerahkan kepada BKSDA untuk dikembalikan ke habitatnya,” imbuh Ria Iskandar lagi. (Dian.S/Herman)

Share:
Komentar

Berita Terkini