-->

APDESI Sukabumi Di Polisikan,Hina LSM Dan Media

Editor: Redaksi author photo
Suara Sanggau.Co.Id.Sanggau.
Dewan Presedium Forum Wartawan Dan Lembaga Swadaya Masyarakat Kalimantan Barat, (FW-LSM Kal-bar) 
Yayat Darmawi SE.SH.MH,angkat bicara, ia sangat kecewa dan terpukul dengan pernyataan sejumlah kepala desa yang tergabung dalam  Asosiasi Pemerintaha Desa Seluruh Indonesia
 (APDESI) kabupaten Sukabumi Jawa barat.

Pasalnya, APDESI mengeluarkan Pernyataan yang bersifat propokatif
dibuat dalam bentuk vidio berdurasi 26 detik isinya menyatakan :
Kami kepala desa kabupaten sukabumi yang tergabung dalam Apdesi sukabumi menyatakan melawan terhadap lsm dan media yang selalu ngobok – ngobok kepala desa”.

Pernyataan ini sifatnya umum ter
masuk LSM dan Media dimana saja  keberadaannya,ia tidak fokus pada salah satu oknum (LSM atau Media) mana yang dimak sudkannya,wajar jika semua LSM dan Wartawan marah dikatakan mengobok ngobok katanya.

Sangat disayangkan, ucapan  sekelompok orang yang merupakan  figur masyarakat itu,memancing polemik dan profokatif dimasyarakat. 

Keberadaan wartawan itu tertuang dalam UU No 40/1999,disitu jelas
fungsi dan tugasnya, bahkan,seseo
rang yang menghalangi tugas wartawan sebagai mana tertuang dalam UU 40/1999 pasal  4 ayat 2 dan ayat 3 dapat dipidana penjara maksimal 2 tahun atau denda paling banyak Rp.500.000.000 (lima ratus juta rupiah).

Demikian juga dengan LSM diatur dalam United Nations Convention Against Corruption 2003, khususnya pada Pasal 13 disebutkan antara lain, bahwa “masing-masing negara pihaknya wajib mengambil tindakan-tindakan yang semestinya, dalam kewenangannya dan sesuai dengan prinsip-pirinsip dasar hukum internalnya, meningkatkan partisipasi aktif perorangan dan kelompok di luar sector publik, seperti masyarakat sipil, organisasi-organisasi non pemerintah (NGO/LSM) dan organisasi-organisasi berbasis masyarakat,jadi keberadaan keduanya ini diakui Pemerintah

Kekecewaan itu juga disampaikan Sekjen FW-LSM kalbar Wan Daly Suwandi,ia mengharapkan rekan rekan wartawan di Sukabumi dapat menyelesaikan secara hukum,melaporkannya ke pihak kepolisian.Bahkan kata Wawan ia mendap informasi dari sukabumi kemaren saja sudah organisasi yang datang melaporkan ke Polisi.

Wawan minta kepada anggotanya,tetap jaga hubungan yang baik dengan semua kades,dan perangkat lainnya.Jangan mudah terpancing,kita percayakan teman teman kita dapat menyelesaikan ujarnya.(Herman)
Share:
Komentar

Berita Terkini