-->

Polres Singkawang Tangkap Pekerja Peti, FW.LSM & Wartawan Berikan Respond Positif

Editor: Redaksi author photo
 Sukahar SH MH (Kaca mata)    Penasehat Hukum FW-LSM & Wartawan Kalbar dan Sekjen Wan Daly Suwandi


SUARASANGGAU.Co.Id.Singkawang
Polres Singkawang,berhasil menga
mankan 5 0rang tersangka Penam
bang  Emas   Tanpa Ijin (PETI), di daerah Wonosari, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Senin, 9 November 2020.

Penangkapan ke lima orang tersebut 
ketika mereka sedang melakukan aktivitas penambangan emas liar ( PETI ).  

Meski Sebelumnya jajaran Polres Singkawang juga sudah melakukan pengungkapan atau penahanan terhadap tersangka pelaku PETI tanpa izin. “Setelah dilihat dan pihaknya menanyakan mereka memang sedang bekerja mengguna
kan alat yang biasa disebut Dompeng. 


Terhadap 5 tersangka ini akhirnya  dilakukan pemeriksaan dan di lakukan penyitaan barang bukti, sekarang untuk ke 5 orang tersebut yang diamankan  sudah ditetapkan sebagai tersangka,” 

Lokasi penambangan Emas Tanpa Izin  ( PETI )  tersebut diperkirakan seluas 3 hektare, menurut keterangan para pelaku, aktivitas penambangan liar tersebut telah dilakukan cukup lama.  

Hal itu dikatakan Kapolres Singkawang AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo, melalui Kasat Reskrim , AKP Tri Prasetiyo, saat konfrensi Pers di Mapolres Singkawang.

Terhadap perkara ini  Kasat Reskrim Polres Singkawang AKP Tri Prasetiyo akan berupaya melakukan penyeli
dikan dan mengembangkan kasusnya,siapa otaknya atau pemilik modalnya, dan kita akan terus mengejar sampai menemukan siapa dalang di balik penambangan emas tanpa izin  ini,” ungkapnya.  

Kelimaorang ini,akan dijerat pasal 158 UU 3 2020 , perubahan UU 4 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, dengan ancaman hukuman maksimal penjara 5 Tahun dan denda paling banyak Rp 100 miliar rupiah 

Keberhasilan Polres Singkawang,
memberantas bahkan menangkap lima orang Penambang Emas tanpa ijin tersebut,mendapat respond positif dari Sukahar SH MH selaku Penasehat Hukum FW-LSM Kalbar.

Menurut Sukahar,Polres Singkawang
patut kita berikan Apresiasi atas kinerjanya, yang telah dilakukan menangkap pekerja PETI tanpa ijin.
Bahkan ke 5 orang tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka.

Kita harapkan proses penyelidikan terhadap mereka terus dilakukan,kita yakin Polres Singkawang akan dapat mengngkap siapa sebenarnya,para cukong atau pemilik modal,biasanya mereka ini hanya pekerja atau buruh,sambung Wan Daly Suwandi Sekjen FM- LSM Kalbar yang duduk disamping Sukahar.

Diharapkan dengan ditangkapnya kelima orang ini dan diproses sesuai ketentuan yang berlaku,tentunya akan menjadikan perhatian penambang atau cukong yang lain untuk melakukan kegiatan yang sama kata, Wawan  panggilan Sekjen FM-LSM Kalbar.(Man)

Share:
Komentar

Berita Terkini