-->

SAKIP Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Lebih Baik.

Editor: Redaksi author photo
SUARASANGGAU.Co.Id.Pontianak
Wakil Gubernur Kalimantan Barat 
H. Ria Norsan,menghadiri Pembukaan Workshop Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) melalui video conference.di Data Analityc Room Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (10/11/2020).

Dalam sambutannya Wagub Kalbar mengatakan SAKIP dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik agar Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi berdaya guna dalam melaksanakan tugas pemerintahan.

“Dengan kata lain pelaksanaan SAKIP adalah langkah strategis untuk menciptakan Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi lebih berdaya guna  dan berhasil guna dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Ria Norsan.

Ia juga mengatakan pelaksanaan SAKIP ini, banyak ditemui kendala
kendala dan hambatan, sehingga belum sepenuhnya dapat diterapkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

“Hambatan dan kendala yang dirasakan oleh Pemda bukan hanya disebabkan lemahnya komitmen Pemda terhadap SAKIP, tetapi sinergi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah yang perlu terus dibangun,” ungkapnya.

Wagub Kalbar menyampaikan hasil evaluasi atas Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2019, dimana Pemprov. Kalbar memperoleh nilai 65,85 atau predikat B dan sudah bertahan dalam 2 tahun.

“Penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, serta pelayanan terhadap masyarakat,” jelas Wagub.

Dijelaskan pula j untuk mewujudkan peningkatan SAKIP Provinsi Kalbar, fokus kegiatan ini dititikberatkan pada perumusan strategis dan indikator sasaran, perbaikan indikator kinerja, serta penjabaran kinerja.

 Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Asisten Administrasi dan Umum Sekda Prov. Kalbar, Sekundus, S.Sos., MM, beserta Kepala Biro Organisasi Setda Prov. Kalbar, Rita Hastarita, S.Sos., M.Si..(Hermansyah)

Share:
Komentar

Berita Terkini