-->

Persiapkan 5 Hal Ini untuk Kembali Belajar Tatap Muka

Editor: Redaksi author photo

 

 

Ilustrasi Belajar.(pixabay.com)

Selama satu tahun belakangan, kegiatan belajar mengajar telah berlangsung secara online. Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim tengah mendorong pelaksanaan pembelajaran tatap muka setelah vaksinasi Covid-19 tenaga pendidik. Vaksinasi tenaga pendidik yang ditargetkan akan selesai di bulan Juni 2021 ini diharapkan dapat membuat kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung kembali secara tatap muka di sekolah.

Meski begitu, Menteri Nadiem Makarim menyatakan keputusan membuka sekolah berada di tangan pemerintah daerah atas persetujuan dari kepala sekolah dan juga perwakilan orang tua siswa, guru, dan pemerintah daerahi. Selain itu, pembelajaran tatap muka juga akan diikuti dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di area sekolah.

Menanggapi rencana tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh siswa dan juga orang tua untuk beradaptasi, mempersiapkan diri secara ekstra dan mempersiapkan kebutuhan sekolah di masa adaptasi kebiasaan baru. Berikut beberapa tips yang dapat dipersiapkan sejak dini agar siap memasuki kegiatan belajar tatap muka saat kebijakan tersebut resmi dijalankan:

1.    Persiapkan Perlengkapan Belajar
Saat kegiatan belajar mengajar kembali diadakan secara tatap muka, persiapkan perlengkapan belajar dan alat tulis yang lengkap bagi sang anak. Di masa-masa ini, beritahu anak Anda agar tidak saling meminjam alat tulis dengan teman-temannya untuk meminimalisir penyebaran virus. Anda dapat mulai membeli perlengkapan belajar yang lengkap bagi anak Anda di  seperti Gramedia, Books & Beyond, Periplus bahkan e-commerce Shopee dan gunakanlah ShopeePay sebagai metode pembayaran digital yang contactless.

2.    Konsumsi Vitamin Secara Rutin
Perlindungan diri dari dalam juga sangat diperlukan. Biasakan anak Anda untuk mengonsumsi vitamin secara rutin. Selain mengonsumsi vitamin, lengkapi kebutuhan gizi dan nutrisi anak Anda dengan memberikannya buah-buahan dan makanan yang bergizi. Dapatkan vitamin yang original di toko kesehatan terpercaya seperti Guardian dan Century atau secara online di K24Klik atau KALCare.

3.    Minimalisir Ruang Gerak
Semakin banyak bergerak dan menyentuh permukaan sekitar secara sembarangan, dapat meningkatkan risiko penyebaran. Beritahu anak Anda untuk segera pulang ke rumah setelah kegiatan sekolah selesai. Setelah sampai di rumah, ajak anak Anda untuk segera mandi dan membersihkan peralatan sekolahnya.

4.    Jaga Kebersihan
Untuk memperketat perlindungan diri, lakukanlah praktik 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi. Saat sampai di sekolah, ingatkan anak Anda untuk segera membersihkan meja dan kursi yang hendak digunakan dengan menggunakan disinfektan. Hal ini berlaku juga ketika mereka hendak memakai toilet atau memegang benda-benda lainnya. Jangan lupa juga untuk mengingatkan anak Anda agar memakai masker dengan posisi yang benar, yaitu menutupi hidung, hingga ke dagu. Jangan diturunkan ke leher atau hanya menutupi mulut dan dagu. Yang terpenting, beritahu anak Anda untuk jangan menyentuh wajah secara sembarangan.

5.    Berkonsultasi Pada Guru dan Pihak Sekolah
Jika sudah merasa tidak enak badan, segera konsultasikan kepada guru dan pihak sekolah. Jika anak Anda mengalami kondisi tidak enak badan yang tidak kunjung membaik, segera lakukan tes dan biarkan ia tetap beristirahat di rumah hingga kondisi tubuhnya membaik. Kondisi tubuh yang menurun sangat rentan terhadap penyerangan virus.

Itulah tips untuk mempersiapkan diri memasuki kegiatan belajar mengajar tatap muka di tahun 2021 ini. Hingga masa pembelajaran tatap muka benar-benar dijalankan, para siswa masih tetap diharuskan melakukan pembelajaran jarak jauh. Untuk mendukung perlengkapan kebutuhan pembelajaran jarak jauh seperti kuota internet, layanan bimbingan belajar, kebutuhan makan sehari-hari, Anda dapat memanfaatkan promo menarik dari kampanye Shopeepay Super Online Deals yang berlangsung pada 15 - 21 Maret 2021. Kampanye ini menggandeng merchant online favorit masyarakat seperti Live.On, by.U, Zenius Education, Kecipir, Belfarm.co, dan masih banyak lagi, yang menawarkan cashback hingga 90%!

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kampanye ShopeePay Super Online Deals, silakan kunjungi tautan berikut ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh serta mempersiapkan diri sebelum memasuki kegiatan belajar tatap muka.
 



Share:
Komentar

Berita Terkini