-->

Masuk Melalui PBLN Entikong Dilakukan Secara Ketat

Editor: Redaksi author photo


 


Suara Sanggau.Co.Id.Entikong


Satuan Tugas Terpadu Penanganan Warga Negara Indonesia Pelintas di Pos Lintas Batas Negara-PLBN Entikong memperketat pemeriksaan pelintas yang baru tiba dari Serawak. 

Peningkatan pemeriksaan WNI Pelintas di PLBN Entikong tersebut menyusul mulai kembalinya para Pekerja Migran Indonesia, mendekati berakhirnya masa Pelarangan mudik lebaran di dalam negeri. 

"Dalam dua hari ini, sudah tampak adanya peningkatan kepulangan WNI dari Malaysia. Sebelumnya dalam satu hari hanya 1 sampai 5 orang pelintas, sekarang sudah lebih dari 12 orang,”ujar petugas medis KKP Entikong, Gilda Ditya Asmara, Senin (17/5/2021). 

Dijelaskan Gilda,proses pemeriksaan dimulai dari  ketibaan  jalur utama pintu Kedatangan perbatasan Entikong dengan Tebedu. Peningkatan pemeriksaan di PLBN Entikong antisipasi adanya potensi WNI pelintas terpapar Covid-19, karena di wilayah Malaysia termasuk Negara bagian Sarawak kasus baru Covid-19 meningkat sehingga WNI yang tiba dari luar negeri khususnya Malaysia wajib menjalani berbagai tahapan pemeriksaan. 

"Yang paling utama, dan pertama setiap WNI harus mengikuti ketentuan protokol kesehatan, mengunakan masker, mencuci tangan serta wajib sterilisasi barang bawaan melalui penyemprotan disinfektan sebelum pengambilan sampel Swab dan pemeriksaan biodata pelintas,"ungkap Gilda Ditya Asmara. 

Tercatat total ada 19 WNI Pelintas yang di Karantina di Terminal Barang Internasional Entikong. Sedangkan pemulangan ke daerahnya dalam wilayah Kalbar ada 6 orang WNI Pelintas yang sudah menjalani karantina sebelumnya.
(Suara Kalbar)

Share:
Komentar

Berita Terkini