-->

Setiap Aparatur Negara, Wajib Menglola dan Menampilkan Data Sebaik Mungkin.

Editor: Redaksi author photo
     Kadis Kominfo H.Joni Irwanto

Suara Sanggau.Co.Id.Sanggau
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sanggau melaksanakan kegiatan sosialisasi metadata statistik sektoral di lingku ngan Pemkab Sanggau.
Kegiatan tetsebut di pusatkan di Aula Bapenda Selasa (27/7/2021).

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto,dalam laporannya mengatakan, setiap aparatur negara dan pemerintah daerah,mempunyai kewajiban dan misi untuk mengelola data dan menampilkan sebaik mungkin, ter masuk di dalamnya metadata.
Untuk itu,Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, merasa perlu melakukan sosialisasi tentang metadata statistik sektoral, untukitu katanya di Kabupaten Sanggau telah dibentuk admin Satu Data Indonesia (SDI) kabupaten. Para peserta sosialisasi adalah admin satu data Kabupaten Sanggau yang ada di masing-masing perangkat daerah, seluruhnya berjumlah 24 orang,” jelas Kadis Kominfo Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto.

“Tujuan dari kegiatan ini kata Joni adalah; pertama, melakukan sosialisasi dan menjelaskan fungsi dari metadata statistik sektoral; kedua, menambah kompetensi sdm admin sdi kabupaten dalam mengelola data dan menyajikan nya untuk dapat digunakan; ketiga, agar informasi segera dipublikasikan kepada masyarakat Untuk itu, dibutuhkan input data yang berku alitas agar menghasilkan metadata yang berkualitas pula,” sambungnya.

Sementara Bupati Sanggau Paolus Hadi yang diwakili Asisten Pereko
nomian dan Pembangunan Setda Paulus Usrin,ketika membuka kegiatan itu mengatakan melalui kegiatan ini,kita mampu membangun dan meningkatkan kualitas penye leng garaan Satu Data Indonesia Kabupaten Sanggau.

“Dengan berlakunya Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia, telah memberikan amanat kepada kita bahwa untuk memperoleh data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggung jawabkan, mudah diakses, serta dapat dibagi pakaikan, maka diperlukan perbaikan tata kelola data yang dihasilkan oleh pemerintah melalui penyelenggaraan Satu Data Indonesia mulai dari daerah sampai ke pusat katanya.

Dijelaskannya pula,untuk mewujud
kan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, maka pemerintah harus mampu menyediakan data dan informasi yang akurat, sebagai dasar perencanaan.
 
Karena dengan data yang akurat dan terukur tersebut,lanjutnya akan menghasilkan program dan kebijakan yang akurat yang dapat diopera sionalkan dengan efesien dan efektif ujarnya.

Hadir dalam pembukaan tersebut 
Kepala BPS Provinsi Kalimantan Barat, Moh. Wahyu Yulianto sekaligus selaku narasumber,Kepala 
BPS Kabu paten Sanggau, Yanuar Lestariadi, Kepala OPD Kabupaten Sanggau atau pejabat yang mewakili, serta para admin Satu Data Indonesia (SDI) dari masing-masing SKPD. (Man)


Share:
Komentar

Berita Terkini