-->

Atlet Petembak se Kalbar Bertarung di Kompetisi Perbakin Mempawah Cup 2021

Editor: Redaksi author photo
SALAM PETEMBAK. Wakil Ketum Perbakin Kalbar, Putra Jaya, bersama Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi, Ketua KONI Mempawah, Danyonkav, serta Ketua Perbakin Mempawah, berfoto bersama. PotoDistra

Suara Sanggau.co.id.Mempawah
 – Dor! Dor! Dor! Suara letusan terdengar membahana di Lapangan Tembak “Tri Daya Cakti” Markas Batalyon Kavaleri (Yonkav) 12/BC di Desa Peniti Luar, Kecamatan Jongkat, Sabtu (25/9/2021) siang.

Rentetan tembakan itu keluar dari pistol atlet Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) se Kalimantan Barat yang mengikuti Kompetisi Menembak Perbakin Mempawah Cup 2021.

Perhelatan ini merupakan program pertama Perbakin Mempawah sejak kepengurusannya terbentuk. Wajar antusias peserta tampak sangat tinggi untuk mengikuti kelas maupun kategori yang diperlombakan.

Kompetisi berlangsung dengan protokol kesehatan secara ketat. Bahkan sebelum bertarung, para peserta tampak menjalani tes swab antigen.

Pada seremonial pembukaan kompetisi, tampak hadir, Wakil Ketua Umum Perbakin Kalbar, Putra Jaya. Pada saat bersamaan, Ketua Umum Perbakin Kalbar, Masyhudi, yang juga Kepala Kejati Kalbar, tengah mengikuti rapat di Pontianak.

Namun Masyhudi tetap menunjukkan komitmennya untuk menyokong kompetisi ini. Usai rapat, ia bergegas ke Yonkav 12/BC untuk hadir menyaksikan para anggota Perbakin se Kalbar yang tengah berlaga.

Selain jajaran Perbakin Kalbar, turut hadir Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi, jajaran Forkopimda Mempawah, Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, Ketua KONI Mempawah, Rubijanto, serta Ketua dan Pengurus Perbakin se Kalbar peserta kompetisi.

Waketum Perbakin Kalbar, Putra Jaya, berharap even yang digelar Perbakin Mempawah ini dapat terus berkelanjutan. Tidak saja di Mempawah, tapi juga di seluruh kabupaten/kota.

Ia mengatakan, adanya kompetisi akan bisa menghidupkan kembali minat masyarakat terhadap olahraga menembak, sekaligus sebagai sarana untuk mencari bibit-bibit muda berkualitas di masa mendatang.

“Kami di Perbakin Kalbar siap memberikan dukungan bagi jajaran Perbakin kabupaten/kota agar dapat menggelar even serupa!” imbuhnya.

Sedangkan Wakil Bupati Muhammad Pagi dan Ketua KONI Kabupaten Mempawah, Rubijanto, turut mengapresiasi kegiatan menembak ini.

“Menembak ini merupakan olahraga yang dapat melatih konsentrasi, ketepatan dan ketelitian. Karena itu, ini cabang olahraga yang sangat menarik!” ujar Muhammad Pagi.

Ia turut berharap, kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi semata, tapi juga menjadi wadah untuk menjalin silaturahmi antar atlet petembak di Kalimantan Barat.

“Sekaligus untuk mensosialisasikan cabang olahraga menembak yang masih dirasakan cukup awam di masyarakat,” ucapnya lagi.

 

Dukungan Penuh Yonkav

Danyonkav 12/BC, Letkol I Nyoman Artawan, mengatakan, sebagai satuan terdekat di Mempawah, serta sesuai petunjuk dan arahan pimpinan, maka pihaknya telah membantu penyiapan fasilitas untuk Kompetisi Menembak Perbakin Mempawah Cup 2021.

Langkah ini, tambahnya, merupakan bentuk dukungan TNI-AD khususnya Yonkav 12/BC  untuk membantu pemerintah daerah dan Perbakin Mempawah dalam memajukan prestasi olahraga menembak.

“Ke depan, diharapkan Kabupaten Mempawah akan dapat melahirkan atlet-atlet petembak yang bisa berbicara di tingkat daerah, nasional bahkan internasional,” tegasnya.

Karena itu, pihaknya akan selalu seiring-sejalan bersama Perbakin dengan membuka ruang seluas-luasnya bagi atlet petembak di Kabupaten Mempawah untuk berlatih di lapangan tembak milik Yonkav 12 BC ini.

 

Kategori Lomba

Ketua Perbakin Mempawah, M. Rully Setiawan, kepada awak media menjelaskan, Kompetisi Menembak Perbakin Mempawah Cup 2021 ini digelar selama dua hari, yakni 25-26 September 2021.

Adapun kategori lomba terdiri atas tembak eksebisi pistol 20 meter eksekutif, tembak pistol presisi 25 meter TNI/Polri, tembak pistol presisi 25 meter sipil, dan tembak senapan PCP Tripos 33 meter.

“Kami bersyukur, saat pendaftaran dibuka, antusias Perbakin kabupaten/kota se Kalbar sangat tinggi. Semoga dari ajang ini kita dapat menemukan atlet-atlet muda cabang olahraga menembak yang berkualitas,” harapnya.

Ia mengungkapkan, sebagai ajang pertama yang digelar Perbakin Mempawah, terselenggaranya kompetisi ini tak lepas dari bantuan dan dukungan banyak pihak.

Misalnya, Danyonkav 12/BC yang telah menyediakan sarana lapangan tembak, serta adanya dukungan dari Perbakin Kalbar yang dipimpin Masyhudi.

“Kami berharap, ke depan even serupa dapat kami gelar kembali sebagai upaya memacu prestasi atlet menembak di Kabupaten Mempawah,” tutupnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini