-->

Belajar Bahasa Inggris sambil Rebahan? Yuk, Simak Cara Berikut Ini

Editor: Redaksi author photo

Belajar Bahasa Inggris

JAKARTA
- Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa global bukan lagi menjadi sebuah pilihan, melainkan sebuah kebutuhan. Apalagi, saat ini pertukaran informasi melalui media sosial dan aplikasi hiburan semakin dinamis, di mana masyarakat terpapar dengan banyak konten-konten menarik yang disampaikan dalam Bahasa Inggris, seperti musik, film, atau sekadar konten sederhana di media sosial. Dengan memahami bahasa Inggris, seseorang menjadi lebih update dengan perkembangan berita di dunia, memperbesar peluang mendapat pekerjaan, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Namun, kebanyakan masyarakat masih merasa bahwa belajar Bahasa Inggris merupakan hal yang sulit, membosankan, menyita banyak waktu, serta menguras tabungan. Padahal, belajar Bahasa Inggris bisa dilakukan sambil rebahan di rumah, lho. Dengan begitu, waktu senggang di rumah dapat diisi dengan hal yang lebih bermanfaat dan seru.

Berikut 4 cara belajar Bahasa Inggris di tengah waktu senggang:

Bersantai sambil mendengarkan lagu

Hampir semua orang memiliki lagu kesukaannya masing-masing yang biasanya dipasang untuk menemani kegiatan sehari-hari, seperti saat sedang olahraga, rebahan di kasur, memasak, dan banyak kegiatan lainnya. Nah, kamu bisa mulai memperbanyak koleksi lagu-lagu berbahasa Inggris di galeri playlist-mu. Pilihlah lagu-lagu yang sesuai dengan genre musik kesukaanmu agar kamu semakin bersemangat untuk mendengarkannya.

Belajar Bahasa Inggris melalui lagu bukan hanya tentang mendengarkan irama yang sedang dimainkan, melainkan juga membaca dan mencoba memahami lirik yang terkandung dalam lagu tersebut. Dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris, secara tidak langsung kamu telah menambah vocabulary (kosakata) dan bagaimana cara mengucapkannya. Untuk memperlancar pengucapan Bahasa Inggris, kamu juga bisa lho ikut sing along atau karaoke dengan lagu-lagu tersebut.

Menghabiskan akhir pekan dengan menonton film dan serial seru

Cara yang satu ini bisa menjadi ide akhir pekan yang produktif namun tetap seru dan menyenangkan. Selain menghibur, ternyata menonton film juga bisa membantu kamu belajar Bahasa Inggris, lho. Pilihlah film yang kamu sukai atau bisa juga menonton serial drama yang sedang hits saat ini agar kamu tetap up to date. Atur subtitle film yang kamu tonton dengan Bahasa Inggris dan kencangkan volume agar kamu bisa mendengar setiap dialog dengan jelas. Ketika menonton film berbahasa Inggris, kamu dapat belajar tentang berbagai macam ungkapan yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk memaksimalkan cara ini, kamu bisa menuliskan beberapa kosakata baru yang kamu dapatkan dari film tersebut beserta artinya. Setelah itu, cobalah tonton ulang film yang sama tanpa subtitle untuk membantu daya ingat kamu. Agar tidak membosankan, kamu juga bisa mengajak teman atau keluarga untuk nonton dan belajar bersama.

Ngobrol dengan fitur live chat atau video conference sembari menambah teman baru

Siapa di antara kamu yang suka bermain game online atau aplikasi live chat lainnya? Nah, manfaatkan platform ini sebagai media untuk memperlancar Bahasa Inggris kamu. Berbicara langsung dengan orang asing dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu saat berbicara menggunakan Bahasa Inggris sekaligus tentunya menambah teman baru. Jangan malu dan takut salah, justru manfaatkan cara ini sebagai ‘ujian praktek’ dari hasil belajar kamu. Semakin kamu sering mendengar dan berbicara langsung menggunakan Bahasa Inggris, kamu juga akan semakin terbiasa dan memahami pola kalimat percakapan sehari-hari dalam Bahasa Inggris.

Ikut kursus Bahasa Inggris yang praktis dan seru

Untuk kamu yang membutuhkan materi pembelajaran yang lebih terstruktur, kamu bisa coba mengikuti kursus Bahasa Inggris. Pilihlah tempat kursus yang fleksibel dan menyenangkan seperti Englishnesia. Englishnesia merupakan platform kursus online Bahasa Inggris No.1 untuk kamu yang ingin belajar Bahasa Inggris dari 0 secara terstruktur dan tanpa terikat jadwal. Di Englishnesia, kamu bisa mendapatkan seluruh kelas materi Grammar/TOEFL, Speaking, Listening, Writing, dan Reading dalam satu web aplikasi yang disusun secara tersistem berdasarkan riset yang mendalam. Dengan mengikuti kursus, proses pembelajaran menjadi lebih terstruktur dan terarah, sehingga objektif yang diharapkan menjadi lebih mudah diraih.

Andri Miraza selaku Product Manager Englishnesia mengatakan, "Untuk lancar berbahasa Inggris tidaklah sulit jika melalui proses belajar yang tepat. Selain itu, komitmen dan tekad yang kuat untuk belajar juga menjadi poin penting, karena untuk lancar berbahasa inggris perlu praktik yang berkelanjutan dan mental untuk berani salah.” Englishnesia menyediakan beragam materi yang dikemas dengan seru dan bervasiasi, serta dapat diakses dengan mudah dari mana saja dan kapan saja, bahkan sembari rebahan di rumah sekalipun. Untuk semakin mendorong semangat belajar Bahasa Inggris, kami bekerja sama dengan ShopeePay untuk menghadirkan voucher cashback hingga 100% selama periode kampanye ShopeePay Super Online Deals dari tanggal 15-21 September mendatang.”

Itulah 4 cara seru yang dapat kamu lakukan untuk belajar Bahasa Inggris dengan mudah di rumah. Ikuti konten seru Englishnesia serta dapatkan informasi menarik seputar Bahasa Inggris di laman https://www.englishnesia.id/ atau media sosial @englishnesia.id. Jangan lupa gunakan metode pembayaran ShopeePay yang praktis dan menguntungkan. See you soon!

[rie]

Share:
Komentar

Berita Terkini