-->

Pelajari 7 Cara Efektif Merawat Pakaian Agar Lebih Awet

Editor: Redaksi author photo

https://www.pexels.com/photo/a-biker-in-black-helmet-and-leather-jacket-5794249/


Suara Sanggau
- Pakaian adalah salah satu kebutuhan utama semua orang. Bahan kain yang digunakan dalam pembuatan pakaian juga sangat beragam, seperti kain linen, muslin, chiffon, cotton, polyester, dan bahan kain lainnya. Perbedaan bahan kain akan memberikan kenyamanan tertentu bagi pemakainya.

Akan tetapi, berbeda bahan kain tentu akan berbeda juga cara perawatan pakaian yang harus dilakukan. Namun banyak orang menyamaratakan cara perawatan pakaian sehingga cepat terjadi kerusakan dan warna pudar pada pakaian. Oleh karena itu, akan diulas tips merawat pakaian, yaitu cara untuk merawat warna pakaian dan merawat pakaian sehari-hari agar lebih awet.

7 Cara Mudah Merawat Pakaian

Simak 7 cara mudah untuk merawat pakaian supaya tetap awet berikut ini:

1. Baca Simbol pada label pakaian terlebih dahulu sebelum mencuci

Tips mencuci yang pertama adalah membaca label pakaian terlebih dahulu. Simbol pada label akan memberikan informasi tentang apa yang harus dihindari dan dilakukan saat mencuci pakaian. Simbol akan memberikan kita pemahaman apakah pakaian tersebut dapat menggunakan mesin cuci atau tidak, disetrika pada suhu tertentu atau tidak, dan berbagai informasi yang penting agar pakaian lebih awet.

2. Jangan sering mencuci pakaian

Detergen memiliki konsentrasi yang tinggi, terutama untuk membersihkan noda dan kuman. Akan tetapi, terlalu sering mencuci akan menyebabkan warna semakin cepat memudar dan serat pakaian semakin rapuh, sehingga pakaian mudah rusak. 

Oleh karena itu, gunakan detergen dengan konsentrasi lebih sedikit dan jangan merendam pakaian Anda terlalu lama. Perendaman yang terlalu lama akan membuat serat pakaian mudah rusak dan bau pakaian menjadi apek.

3. Mengelompokkan pakaian berdasarkan warna yang sama

Cara merawat warna pakaian dapat dilakukan dengan mengelompokkan pakaian sesuai warna yang senada. Mencampur pakaian yang berbeda warna akan menyebabkan warna menjadi luntur dan menodai warna pakaian lainnya. Jika terjadi kelunturan, pakaian Anda akan terlihat buruk dan tidak dapat dikenakan kembali.

4. Hindari menyikat pada pakaian-pakaian yang rentan

Pakaian rentan seperti kaos, hoodie, bahan rajut, batik, dan jaket kulit sangat sensitif jika dikucek dengan keras atau disikat. Mengucek pakaian dengan kuat atau penyikatan, akan menyebabkan serat rusak sehingga permukaan pakaian menjadi kasar. Selain itu, menyikat pakaian setiap kali mencuci akan menyebabkan warna pakaian juga memudar.

Menghindari menyikat pada pakaian merupakan salah satu cara merawat pakaian yang kita gunakan sehari-hari. Hal ini dikarenakan pakaian sehari-hari yang sering dicuci memberikan gesekan yang kuat dan terus menerus akan menyebabkan pakaian mudah rusak. Jadi, hindari mengucek atau menyikat terlalu keras dan sering.

5. Gunakan sabun pakaian yang lembut dan hindari penggunaan pemutih

Tips merawat pakaian yang selanjutnya yaitu perhatikan pemakaian sabun. Sabun pakaian yang lembut dapat Anda gunakan terutama pada jaket kulit. Jaket kulit sensitif terhadap deterjen yang kuat, sehingga umur pakainya akan lebih pendek. Untuk merawat jaket kulit, Anda dapat menggunakan deterjen untuk pakaian bayi atau sabun bayi untuk mencucinya, karena sabun atau detergen bayi memiliki konsentrasi yang lebih rendah dibandingkan deterjen biasa.

Bagi Anda yang memiliki pakaian berwarna putih maupun jaket berwarna putih tentu akan berfikir menggunakan pemutih untuk menjaga warnanya. Akan tetapi, faktanya pemutih tidak menjaga pakaian atau jaket Anda tetap putih.

Kandungan klorin pada pemutih akan menyebabkan pakaian atau jaket warna putih menjadi berwarna kekuningan. Hal ini dikarenakan klorin bereaksi dengan residu cairan lain terutama minyak tubuh, sehingga warna putih menjadi warna kekuningan. Selain itu, dalam waktu yang lama pemutih juga dapat menyebabkan iritasi pada pernapasan, kulit, dan mata.

6. Perhatikan hal ini saat menggunakan mesin cuci

Saat menggunakan mesin cuci, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut. Pertama, pastikan tidak ada barang apapun di dalam saku pakaian. Selanjutnya, resleting pada celana, baju, atau jaket harus dalam posisi tertutup rapat agar pakaian tidak mudah rusak. 

Terakhir, untuk pakaian yang memiliki kaitan, usahakan untuk dikaitkan terlebih dahulu sebelum di masukkan ke dalam mesin cuci agar tidak mengait dan merusak pakaian yang lain.

7. Hindari pengeringan berlebih

Bagi Anda yang menjemur pakaian di bawah sinar matahari langsung, bersiaplah untuk membaca ulasan ini. Pakaian, terutama jaket sangat rentan terhadap panas berlebih. Semua orang tentu memiliki jaket yang sering digunakan saat cuaca dingin atau saat mengendarai sepeda motor.

Jika Anda ingin jaket Anda awet, maka hindari menjemur langsung di bawah terik matahari langsung. Selain menyebabkan warna jaket memudar, penyinaran di bawah matahari langsung akan menyebabkan jaket Anda mudah rusak, terutama jaket pria yang berbahan dasar kulit.

Demikian ulasan mengenai tips merawat pakaian, yang diharapkan dapat membantu Anda dalam merawat pakaian terutama jaket Anda agar masa pemakaiannya lebih lama dan warnanya tetap awet. Pakaian awet tentu menjadi hal yang diinginkan terutama jika pakaian tersebut adalah pakaian kesukaan Anda.

Bagi Anda yang tertarik dengan jaket pria dapat mengunjungi Blibli. Blibli adalah e-commerce buatan Indonesia. Anda tidak perlu khawatir karena Blibli menyediakan dan menawarkan produk-produk berkualitas, termasuk fashion pakaian untuk pria mulai dari aksesoris, pakaian, dan berbagai jenis jaket kekinian. Blibli juga menjaga komitmennya untuk memberikan kenyamanan dan keamanan berbelanja. 

Ada banyak kenyamanan yang ditawarkan Blibli, seperti cicilan 0% semua produk, koleksi lengkap semua kebutuhan Anda, cicilan tanpa kartu kredit, jaminan pengembalian produk 15 hari setelah diterima, sistem pembayaran yang aman terpercaya, dan masih banyak lagi keunggulannya. Jadi tunggu apa lagi ayo kunjungi Blibli dan dapatkan produk sesuai dengan keinginan Anda.

[rie]


Share:
Komentar

Berita Terkini