-->

Keraton Surya Negara Gelar Ritual Bebuang dan Tolak Ajong

Editor: Redaksi author photo

Ritual Bebuang Keraton Sanggau
Sanggau (Suara Sanggau) -Keraton Surya Negara Sanggau melakukan ritual bebuang atau tolak ajong dalam rangka menyambut Hari Jadi (Harjad) Kota Sanggau Ke-406. Pada kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati Sanggau Paolus Hadi, Wakil Bupati Sanggau yohanes Ontot, Sekda Sanggau Kukuh Triyatmaka, Perwakilan Polres Sanggau, Perwakilan Kodim Sanggau, Kepala OPD, Kerabat Keraton dan undangan lainnya, Kamis (31/3/2022) malam.

Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara H.Gusti Arman usai acara ketika diwawancarai wartawan mengatakan kegiatan Bebuang ini adalah berbasa (memberitahu) kepada leluhur bahwa kita akan melaksanakan atau memperingati Harjad Kota Sanggau ke -406.

“Kalau Tolak Ajong ini adalah rangkaian ritual yang kita lakukan untuk Pembersih Negeri supaya Kabupaten Sanggau ini terhindar dari pada marabahaya, musibah seperti hal-hal  yang tidak bagus seperti Covid-19. Ini merupakan tradisi para leluhur dan kearifan lokal yang ada di daerah kita ini,”ungkap Raja Sanggau.

Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan momen ini luar biasa dan penting dalam peringatan Harjad Kota Sanggau ini.

“Karena acara ini adalah ritual bersih-bersih di Kabupaten yang kita cintai ini harus terhindar dari segala marabahaya dan ini kalau dilihat dari sisi seniman adalah  ini merupakan sebuah budaya yang luar biasa dan harus dipertahankan,”tutup Bupati. [SK]

Share:
Komentar

Berita Terkini