-->

Dukung Eksistensi Generasi Muda Kalbar Kembangkan Seni dan Budaya Daerah

Editor: herman syah author photo




Suara Sanggau.co.id.Pontianak
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson memberikan apresiasi tinggi pada kegiatan yang menjadi salah satu bentuk pelestarian budaya dan seni yang ada di Kalimantan Barat.

Hal itu dikatakan dalam sambutannya, sekaligus membuka acara Final Lomba Lagu Dayak Kategori Dewasa pada event tahunan Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat Ke – XXXVI Tahun 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 20-22 Mei 2022 di Komplek Perkampungan Budaya Rumah Radakng Kalimantan Barat, Sabtu (21/5/2022).
 
Dikatakannya, lomba seperti ini sangat bagus karena menjadi salah satu upaya menjaga eksistensi seni tarik suara berbahasa daerah dan seni musik ciri khas suku Dayak. Khususnya agar generasi muda tetap mencintai budaya dan bahasa Dayak karena bahasa Dayak sangat banyak dari sub-sub suku yang berbeda dari berbagai daerah yang ada di Kalimantan Barat. Hal itu sangat bagus untuk pengembangan kreatifitas dan daya tarik wisata," jelasnya.

Ia  berharap, para finalis dapat menonjolkan kekayaan dan ciri khas masing masing kabupaten/kota dengan bangga karena menurutnya itu adalah karakter dan juga dapat menambah nilai plus pada pagelaran yang diadakan ini.

"Pesan saya untuk para peserta yang tidak lolos dalam seleksi menuju babak final dan juara pada acara hari ini untuk tidak berkecil hati. Masih ada kesempatan di esok hari untuk lebih mengembangkan kreativitas. Tidak hanya di event ini, tapi di event-event lain yang akan datang. Tetap semangat, terus berlatih dan mengasah diri karena Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat senantiasa mendukung aktivitas masyarakat dalam mengembangkan budaya daerah.” ujar Sekda Prov Kalbar mengakhiri sambutannya.

Hacir pada acara tersebut,Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari,unsur Forkopimda Prov Kalbar, tokoh adat tokoh budaya Kalimantan Barat.(ted)
Share:
Komentar

Berita Terkini